Selamat, Dosen FEB Unanda Lulus Program Doktor dengan Predikat Cumlaude

38
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Dosen Tetap Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNANDA. Munawir, telah resmi menyandang gelar Doktor Manajemen, setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Dampak Modal Kerja, Litersi, Inklusi dan Sikap Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlanjutan UMKM di Kota Palopo” . Di hadapan Tim Promotor dan Penguji, serta para Undangan, lulus dengan predikat CumLaude (IPK 3.98) pada Sidang Promosi Doktor (S3) yang digelar di Auditorium Lantai 3 Gedung Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Jl. Urip Sumaharjo, Kota Makassar.

Dr. Munawir, SE., M.M. Yang saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andi Djemma. telah menjalani tahapan pendidikan Doktor/S3 sesuai dengan ketentuan, serta melakukan publikasi dari hasil penelitiannya pada jurnal internasional bereputasi Q1 dan Q4.

ADVERTISEMENT

Dalam disertasinya, Munawir telah mengesplorasikan bagaimana Keberlanjutan UMKM di Kota Palopo sangat penting untuk memperkuat perekonomian lokal dan mengurangi ketergantungan pada sektor formal. UMKM menjadi tulang punggung ekonomi lokal di banyak kota di Indonesia, termasuk Kota Palopo.

Dengan memperkuat keberlanjutan UMKM, Palopo dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak bagi warganya, serta mendorong perputaran uang di dalam kota. Di era digital saat ini, UMKM di Kota Palopo harus mampu berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk keberlanjutannya. Penggunaan media sosial, platform e-commerce, dan aplikasi digital dapat membantu UMKM meningkatkan akses pasar dan memperluas jangkauan pelanggan, termasuk di luar Palopo.

ADVERTISEMENT

Selain itu, digitalisasi UMKM akan memperbaiki efisiensi operasional dan meningkatkan daya saing. Kesimpulannya, keberlanjutan UMKM di Kota Palopo merupakan elemen kunci untuk memperkuat perekonomian lokal, meningkatkan daya saing produk lokal, dan menghadapi tantangan ekonomi. Dukungan pemerintah, inovasi teknologi, Manajemen pengelolaan keuangan Bisnis dan pengembangan SDM menjadi faktor penting dalam memastikan keberlanjutan UMKM di masa depan.

Yang Menjadi Ketua Sidang dalam siding promosi, Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH., MH yang juga sebagai Rektor PLT Universitas Muslim Indonesia. Tim Promotor, Prof. Dr. H. Abd Rahman Mus, SE., M.Si. Co-Promotir, Prof. Dr. H. Mahfudnurnajamuddin, SE., M.M, Dr. Lukman Chalid, SE., M.SI. Para Dewan Penguji Kami, Prof. Dr. H. Mursalim Laekkeng, ASEAN CPA, Prof. Dr. Roslina Alam, SE., M.Si, Dr. Hj. Andi Nirwana Nur, SE., MM. Penguji Eksternal, Prof. Dr. Jusni, SE., M.SI dan Penguji Lintas Disiplin Ilmu Dr. dr. H. Andi Muh. Multazam, M.Kes.

Suasana syukur, haru, bangga, dan bahagia memenuhi seluruh Auditorium, saat Dr. Munawir menyampaikan sambutannya setelah resmi menyandang gelar doktor. Ia menyampaikan terimakasih tak terhingga kepada Ketua Yayasan To’ Ciung Luwu, Rektor Unanda, Dekan FEB Unanda, Rekan-rekan Sejawat Dosen di FEB Unanda, BPI-LPDP dan terkhusus kepada Oratua, Istri dan Anak tercinta serta Keluarga yang turut hadir sebagai saksi Sejarah dalam perjalan menumpuh studi S3.

” Perjalanan ini mengajarkan saya bahwa setiap impian, betapapun sulitnya, bisa tercapai selama kita tidak menyerah, dan selama kita dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai kita. Hari ini bukan hanya tentang saya. Ini adalah hari untuk merayakan cinta, dukungan, dan doa yang telah membuat semuanya mungkin. Dan untuk itu, saya akan selalu bersyukur,” katanya.

” Saya berharap, apa yang saya capai ini bukanlah puncak, melainkan awal dari perjalanan yang lebih besar untuk berkontribusi bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat. Semoga hasil penelitian ini dapat memberi manfaat nyata, dan semoga saya bisa terus menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tidak lupa ia memohon dukungan doa orang-orang tercinta. Saya berharap, Bapa, Ibu serta semua yang hadir disini mendoakan saya agar bisa menjadi orang yang jauh lebih bermanfaat”, tandasnya. (*)

ADVERTISEMENT