BMKG Pusat akan Pasang Alat Deteksi Dini Gempa di Palopo

268
ILUSTRASI
ADVERTISEMENT

PALOPO–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat akan memasang alat pendeteksi gempa di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.  Pemasangan alat pendeteksi gempa tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Sebelum alat ini dipasang, tim BMKG Pusat akan melakukan peninjauan ke Kota Palopo untuk mencari lokasi tepat untuk tempat pemasangan alat pendeteksian dini gempa, dalam bulan Februari ini.

ADVERTISEMENT

BACA JUGA: Mahasiswi S2 Unismuh Palopo Ini Bisnis Jual Durian dan Online, Biar Bisa Mandiri dan Sukses

“BMKG akan segera memasang ‘shelter seismograph’ sebagai alat deteksi gempa di Kota Palopo, namun diawali survei lokasi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Anthonius Dengen, Minggu (9/2/2020).

ADVERTISEMENT

Anthonius menjelaskan, pemasangan alat tersebut bertujuan memantau aktifitas kegempaan di wilayah Kota Palopo, dan juga wilayah sekitarnya. Alat tersebut juga sekaligus untuk memperkuat jejaring pemantauan gempa di wilayah Republik Indonesia.

BACA JUGA: Ossong, Pengamen Disabilitas Digendong Polisi di Palopo, Ini Kisahnya

“Rencana survei tim BMKG ini sudah disampaikan kepada Bapak Walikota. Beliau sangat merespon adanya kebijakan BMKG Pusat menempatkan alat pendeteksian dini gempa untuk wilayah Palopo dan sekitarnya, dipusatkan di Kota Palopo,” kata Anthonius Dengen. (tari)

ADVERTISEMENT