DPK Lutim Sosialisasi Inovasi ‘MARLINA’

105
ADVERTISEMENT

LUTIM — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur (Lutim) melalui Bidang Kearsipan melakukan pembinaan pengelolaan kearsipan ke Dinamis pada OPD dan Desa sekaligus juga Sosialisasi Inovasi “Mari Lindungi Arsip” (MARLINA) yang dimulai sejak 7 Februari lalu sampai hari ini, Selasa (21/02/2023).

Kepala Bidang Kearsipan DPK Lutim, Hairil Muchtar mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mewujudkan tertib arsip dan tertib administrasi dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara.

ADVERTISEMENT

“Selain itu, sebagai bentuk pelaksanaan Inovasi itu, DPK Lutim juga mensosialisasikan pentingnya pengelolaan Arsip yang bersifat Statis dan Vital untuk dilindungi, melalui inovasi MARLINA,” jelasnya.

Menurutnya, dalam mewujudkan layanan yang bersifat statis dibutuhkan pangkalan data yang berisi informasi mengenai Arsip Statis yang dimiliki secara akurat, lengkap, dan terpadu. “Informasi mengenai Arsip Statis/Vital tersebut akan lebih efektif apabila berupa Citra Digital dari hasil pemindaian Arsip Statis/Vital,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, pembinaan sekaligus sosialisasi itu akan terus dilakukan sepanjang tahun 2023. “Agar aksi penyelamatan Arsip Statis dengan metode Digitalisasi Arsip dapat memudahkan dalam hal layanan Arsip Statis/Vital secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah,” tutupnya. Sebagai informasi, DPK Lutim telah melakukan sosialisasi di Sekretariat Daerah Lutim, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Desa Atue, Desa Manurung, Desa Tampinna, Desa Tawakua, dan Bapelitbangda serta Inspektorat. (rls/roy)

ADVERTISEMENT