Ikuti Lomba Adiwiyata, SMPN 3 Palopo Berbenah

192

PALOPO – SMPN 3 Palopo tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba adiwiyata tingkat kota palopo. Penilaiannya sendiri akan dilaksanakan pada senin (24/6/2019). Rencananya penilaian ini akan berlangsung tiga hari kedepan.

Untuk menghadapi kunjungan penilaian tersebut, Pihak sekolah telah membenahi semua aspek sebagai komponen penilaian adiwiyata tersebut.

Kepala SMPN 3 Palopo, Kartini Alwi berharap semoga SMPN 3 palopo bisa melaju ke tingkat provinsi, sebagai satu-satunya sekolah di Palopo tingkat SMP yang meraih hasil terbaik dalam lomba adiwiyata.

“Kami berusaha semaksimal mungkin. Hasilnya kami serahkan kepada tim penilai,” ujarnya, Sabtu (22/6/2019).

Adapun Adiwiyata atau green school merupakan program kementerian negara lingkungan hidup yang bertujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Kartini juga menjelaskan tentang fungsi adiwiyata bagi sekolah yang dipimpinnya. “Agar seluruh pelajar ikut terlibat dalam segala aktivitas persekolahan demi menuju lingkungan yang sehat, serta menghindari dampak lingkungan yang negatif,” terangnya.

Mantan guru SMPN 2 Palopo itu mengatakan tujuan sekolah adiwiyata untuk mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan juga berbudaya dalam lingkungan, serta menciptakan kondisi yang lebih baik bagi sekolah.

“Selain itu, untuk menjadi wadah pembelajaran dan juga penyadaran segenap warga sekolah diantaranya, murid, guru, orang tua/wali serta lingkungan masyarakat,” pungkasnya. (fit/liq)