Ingin Tenang Berkendara dengan Asuransi TLO, Mari Ketahui Cara Klaimnya!

205
Klaim Asuransi. (Foto : Ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Memiliki asuransi mobil menjadi kebutuhan karena kondisi jalan raya yang semakin padat meningkatkan risiko tinggi bagi pengendara. Tak hanya di jalan raya, kendaraan di rumah, area parkir, atau tempat tertentu pun rawan tindak kriminal.

Itulah pentingnya asuransi mobil hadir untuk memberi solusi seperlu mengatasi rasa khawatir. Pasalnya, meski sudah mengendarai mobil dengan hati-hati, tidak ada yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi selama Anda berkendara.

ADVERTISEMENT

Untuk mendapatkan seluruh manfaat proteksi kendaraan tersebut, sebaiknya Anda pahami dulu jenis-jenis asuransi mobil. Seperti diketahui, ada macam-macam produk asuransi, mulai dari asuransi mobil All Risk atau komprehensif hingga asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua risiko kendaraan, baik skala kecil atau skala besar. Sedangkan asuransi TLO memberikan proteksi jika kendaraan mengalami kerusakan parah lebih dari 75 persen atau kehilangan mobil.

Jika Anda tertarik ingin memiliki asuransi Total Loss Only, cek sekarang dalam artikel berikut ini!
Mengenali Asuransi TLO
Seperti dilansir dari https://id.wikipedia.org/wiki/Asuransi_kendaraan, Asuransi Total Loss Only (TLO) merupakan jenis asuransi yang menanggung biaya apabila kendaraan rusak parah hingga sama dengan atau lebih dari 75 persen.

Asuransi TLO sangat cocok bagi pemilik mobil bekas atau tua. Hal ini dikarenakan mobil dengan kriteria tersebut lebih berpotensi besar mengalami kerusakan total daripada mobil baru.

Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas. Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 20 tahun.

Misalnya, sebuah mobil mengalami kecelakaan dan mengalami rusak parah yang memakan biaya sekitar Rp150 juta, sementara harga mobil tersebut Rp200 juta.

Maka klaim bisa diajukan. Bila kerusakan minor kurang dari 75% seperti hanya spion dicuri atau bemper penyok, maka asuransi TLO tidak akan diberikan.

Manfaat Asuransi TLO
Salah satu manfaat membeli asuransi mobil TLO adalah agar mobil mendapat perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan berat. Pasalnya, memiliki mobil diikuti dengan komitmen dan tanggung jawab besar.
Belum lagi jika mengingat biaya perbaikan mobil yang terbilang mahal. Apalagi jika mobil mengalami masalah darurat atau parahnya hilang karena pencurian. Salah perhitungan sedikit, tabunganmu bisa ikut ludes.
Selain mahal, faktor risiko lain yang bisa membuat biaya perawatan mobil membengkak jika tidak dilindungi asuransi. Karena itu, segera proteksi finansial Anda dengan asuransi mobil karena dapat melindungimu dari biaya-biaya tak terduga akibat risiko-risiko tak terduga.
Sebagai contoh, komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.
Dengan memproteksi kendaraan menggunakan asuransi, Anda bisa menghemat banyak pengeluaran tak terduga. Jadi, finansial Anda akan tetap aman karena perusahaan asuransi menanggung biaya-biaya tersebut.
Cara Klaim Asuransi TLO
Klaim asuransi mobil TLO hanya akan dikabulkan jika kendaraan mengalami kerugian total atau melebihi dari 75 persen. Untuk mengetahuinya, kerusakan yang dialami paling tidak mencapai 75 persen dari keseluruhan atau mengalami tindak pencurian.
Anda otomatis mendapatkan asuransi TLO jika membeli mobil secara kredit. Lain halnya jika membeli kendaraan secara tunai, maka Anda bisa memilikinya sendiri.
Berikut ini merupakan panduan untuk mengajukan klaim asuransi TLO:
● Jika mobil yang diasuransikan hilang, proses klaim diawali dengan membuat laporan kehilangan terlebih dahulu di kantor polisi tempat kejadian.
● Anda akan diminta untuk membuat kronologis kejadian secara tertulis.
● Melampirkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan, seperti buku polis, KTP, SIM, STNK, BPKB (jika ada), dan surat laporan kehilangan dari kepolisian.
● Serahkan dokumen seluruh tersebut ke perusahaan asuransi.

Itulah pemaparan mengenai asuransi TLO dan cara klaimnya yang penting untuk diketahui. Sama halnya ketika Anda ingin mengecat kendaraan kesayangan, tentu penting untuk mengetahui berbagai jenis cat mobil agar bisa dipilih sesuai selera Anda. (***)

ADVERTISEMENT