Jelang Tinggalkan Madinah, Jamaah Calon Haji Asal Palopo Permantap Manasik

236
TPHD Luwu, Rusydi Rasyid dan TPHD Palopo, Harisal A Latief sebelum mengikuti pemantapan manasik haji. Luwu dan Palopo tergabung dalam kloter 17 UPG.

LAPORAN : Harisal A Latief, Madinah

MADINAH — Memasuki hari ketujuh di Madinah, 115 Jamaah Calon Haji (JCH) asal kota Palopo yang tergabung dalam kloter 17 UPG mulai mempermantap manasik haji. Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya.

Pemantapan manasik haji dilakukan usai shalat subuh di masjid Nawabi, Madinah. Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD), Harisal A Latief kembali melaporkan, semua jamaah saat ini dalam kondisi yang sehat menuju baitullah.

“Saat ini kami tengah permantap manasik haji. Seperti miqat, haji tamattu hingga haji ifrad,” kata ketua DPRD Palopo itu melaporkan dari Madinah.

BACA JUGA :JCH Asal Palopo Diserang Gatal-gatal Hingga Pilek

Miqat adalah batas bagi dimulainya ibadah haji (perbatasan Madinah-Mekkah). Apabila melintasi miqat, seseorang yang ingin mengerjakan haji perlu mengenakan kain ihram dan berniat.

Haji Tamattu adalah mendahulukan umrah dari ibadah haji. Yaitu memakai ihram dari miqat dengan niat umrah pada musim haji, setelah tahallul, memakai ihram lagi dengan niat haji pada hari Tarawiah (8 Zulhijah).

Dan haji ifrad adalah proses melakukan ibadah haji yang terpisah antara ibadah haji dan ibadah umrah. Dalam ritual ibadah haji Ifrad, yaitu melaksanakan ibadah haji terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan ibadah umrah.

BACA JUGA :JCH Asal Palopo Fokus Ibadah Sebelum Tinggalkan Madinah

Harisal menambahkan, sebelumnya mereka dijadwalkan berangkat menuju Mekkah pada Sabtu (27/9/2019). “Jadwalnya berubah. Insya Allah JCH akan bergeser ke Mekkah pada Minggu (28/7/2019) pukul 16.00 Waktu Madinah. (asm)