Kadinkes Palopo Bantah Rumor Harla Ratda Kena Covid-19, Sahabat Almarhum Berikan Testimoni

1479
H Harla Ratda SH MH (ujung kiri), bersama keluarga tercintanya, semasa hidup Almarhum yang banyak dicintai dan dikenang masyarakat kota Palopo sebagai sosok yang sangat baik dan rajin berdiskusi. (Facebook: Harla Ratda)
ADVERTISEMENT

PALOPO–Kabar kepergian Almarhum pengacara senior, H Harla Ratda SH MH yang santer dibicarakan di tengah masyarakat tentang kepulangannya yang diduga akibat Covid-19 dibantah keras oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan kota Palopo, Taufiq.

Dihubungi Koran Seruya, Rabu pagi, 2 Desember 2020, Taufiq yang juga Asisten II Setda Palopo, via WhatsApp, mengatakan jika Almarhum Harla sudah negatif dari penyakit Covid-19.

ADVERTISEMENT

“Sudah negatif, sebelumnya memang pernah positif, beliau sudah sembuh, tapi yang namanya ajal kan kita tidak tahu. Semoga beliau khusnul khatimah, di lapangkan kuburnya dan diterima disisi Allah,” ujar Taufiq seraya berdoa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Taufik membantah rumor jika Almarhum masih positif Covid-19.

Taufiq juga memberi kesaksian atau testimoni atas kebaikan Almarhum semasa hidupnya.

ADVERTISEMENT

“Pak Harla orangnya baik, beliau politisi yang santun, punya dedikasi yang luar bisa untuk membantu sesama dan punya banyak ide untuk membangun Palopo yang lebih baik… Semoga diampuni dosa-dosanya di lapangkan kuburnya dan dimasukkan ke dalam surga, Aamiin Ya Robbal Alamiiin,” imbuhya.

Sementara itu, sahabat karib Almarhum lainnya, Hismah Kahman SH MH, saat dihubungi pagi tadi mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu pengacara Pemkot Palopo itu.

Hismah Kahman menulis testimoni di pesan singkat kepada redaksi Koran Seruya:

“Luar biasa baeknya itu orang.
Beliau senior yang selalu berbagi ilmu… share pengalaman…. dan yang paling mengesankan rasa kekeluargaannya sangat tinggi, kita sangat kehilangan orang baik,” tulis pengacara yang dikenal sangat dekat dan bersahabat akrab dengan mantan wakil ketua DPRD kota Palopo itu.

Testimoni dan belasungkawa lainnya datang dari Sekretaris Daerah kota Palopo, Firmanza DP, yang mengaku kehilangan salah satu tokoh pemersatu Tana Luwu itu.

Lewat WA, Firman, sapaan akrab mantan Kepala Bappeda ini mengatakan,”Beliau pengacara Pemkot, selalu diskusi dengan beliau ttg beberapa hal…. beliau org yg menguasai pekerjaannya,” tulis Firmanza di kolom chat WhatsApp, beberapa saat lalu.

Sedangkan Komisioner KPU Palopo, Iswandi Ismail juga merasa kehilangan panutan dalam dunia penegakan hukum. Almarhum Harla Ratda di mata Kak Wandi, sapaan akrab mantan penyiar radio Makara FM itu menutur, “Beliau sosok yang baik, sangat dekat dengan semua kalangan, tegas dalam sikap, suka menolong dan sangat cinta keluarganya, beliau berdedikasi tinggi atas profesinya, kami mewakili KPU Palopo turut merasa berdukacita sedalam-dalamnya,” tulis Kak Wandi.

Lain lagi Alfri Jamil, saat dihubungi di rumah duka Almarhum Harla Ratda, di Jalan Mungkasa, belakang RS St Madyang, Ketua DPC PDI Perjuangan itu ikut merasa kehilangan salah satu tokoh yang pernah membesarkan PDI Perjuangan di kota idaman.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Kami keluarga besar PDI Perjuangan merasa sangat kehilangan salah satu putra terbaik dan kader PDIP atas meninggalnya sahabat kami tercinta, kakanda H Harla Ratda, beliau adalah sosok penyayang, yang juga rajin membimbing kami, beliau selalu mengajarkan kami bagaimana cara berpoilitik yang santun, beliau negarawan yang baik, beliau adalah guru politik kami khususnya bagi saya pribadi,” tutur Alfri.

“Almarhum adalah sahabat tempat kami berdiskusi masalah-masalah pembangunan di kota Palopo, selamat jalan kakanda, semoga ilmu dan pengabdian yang telah diberikan pada kami bernilai ibadah, ilmu dan bakti yang telah engkau berikan kepada kami akan terus kami kenang dan lanjutkan, semoga Almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisiNya, dibukakan pintu maaf, diampuni segala dosanya, diterima amalannya selama hidupnya, Amiiin Ya Robbal Alamiin,” ujar Alfri Jamil yang mengaku mendengar kabar duka ini langsung dari pihak keluarga Almarhum dan dari sahabat dekat Harla Ratda pukul 08.00 Wita pagi tadi.

Sementara itu, kediaman dosen pengajar di Unanda Palopo Alm. Harla Ratda di Jalan Mungkasa, Salekoe Wara Timur, Palopo, terlihat mulai ramai disambangi keluarga dan kerabat Almarhum.

Pukul 9.55 Wita saat dipantau Koran Seruya, sejumlah kolega dan handai taulan mulai berdatangan dan menanti kehadiran jenazah Almarhum.

Diketahui, pengacara senior di kota Palopo itu dikabarkan telah berpulang ke Rahmatullah sekira pukul 08.00 Wita pagi tadi, Rabu 2 Desember 2020 di salah satu rumah sakit di kota Makassar. (iys) 

Tonton video testimoni Alfri Jamil atas berpulangnya Harla Ratda DISINI

BACA JUGA: Breaking News: Pengacara Senior Harla Ratda Meninggal Dunia di Makassar

 

ADVERTISEMENT