KHUSUS DEWASA: Miss V Sering Gatal dan Tak Nyaman Saat Berhubungan Badan, Waspada Gejala Diabetes Serang Wanita

173
Ilustrasi
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Penyakit diabetes ternyata bisa dialami siapa saja, termasuk pria dan wanita. Namun berbeda dengan pria, kaum wanita yang terkena diabates memiliki gejala khas. Apa itu?

Salah satu gejala khas yang patut diwaspadai kaum wanita agar terhindar dari diabetes akut, yakni miss v alias vagina terasa gatal. Vagina sering terasa gatal, sebagai gejala khas diabetes pada wanita, disebabkan infeksi jamur akibat kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol.

ADVERTISEMENT

Gula darah yang tidak terkontrol menyebabkan jamur candida lebih mudah tumbuh di vagina. Inilah sebabnya mengapa wanita yang menderita diabetes akan lebih sering mengalami infeksi jamur pada vagina.

Selain rasa gatal, infeksi jamur candida juga dapat menimbulkan gejala berupa vagina nyeri, keputihan, dan perih, bahkan terasa tidak nyaman saat berhubungan seks.

ADVERTISEMENT

Dan yang lebih membahayakan, wanita yang menderita penyakit diabetes juga berisiko lebih tinggi terkena infeksi saluran kemih (ISK) disebabkan
urine penderita diabetes memiliki kadar gula yang tinggi, sehingga memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Dilansir dari Hallodoc.com, gejala diabetes pada wanita bisa berupa menurunnya dorongan seksual dan vagina kering. Gejala ini bisa disebabkan oleh neuropati diabetik atau kerusakan serabut saraf karena tingginya kadar gula dalam darah.

ADVERTISEMENT

Dibanding pria, penyakit diabetes pada wanita lebih rentan menyebabkan komplikasi atau penyakit serius, seperti penyakit jantung dan penyakit ginjal.

Agar hal ini tidak terjadi, ada baiknya Anda mengontrol penyakit diabetes secara rutin dengan menjalani pemeriksaan gula darah harian, memperbaiki gaya hidup, dan menggunakan obat diabetes sesuai resep dokter.

Apabila Anda mengalami beberapa gejala diabetes pada wanita seperti yang telah dipaparkan di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan tes darah atau tes urine agar penyakit diabetes yang diderita dapat terdeteksi sedini mungkin.

Selain itu, untuk menjaga agar Anda tetap terhindar dari diabetes, jalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, berolahraga secara rutin, dan menghentikan kebiasaan merokok. Jangan lupa pula untuk tetap memeriksakan kondisi kesehatan Anda secara rutin ke dokter.

SARAN DOKTER BOYKE

Menurut Seksolog dr. H. Boyke Dian Nugraha, SpOG MARS, miss v atau vagina memang perlu dirawat. Organ intim wanita harus dijaga dengan baik supaya tidak menimbulkan bau tak sedap atau penyakit, seperti berjamur menyebabkan rasa gatal, nyeri, dan lain-lain.

Dokter yang pernah bertugas di RSUD Andi Djemma Masamba ini mengatakan,”Mobil saja butuh diservis, apalagi organ kewanitaan.”

Karena itu, dokter Boyke menganjurkan para wanita melakukan perawatan rutin ke dokter setiap beberapa bulan sekali. Tujuannya, mencegah berbagai persoalan yang tak diinginkan. “Termasuk penyakit diabetes yang menimbulkan infeksi jamur candida pada organ intim wanita,” ujar Dokter Boyke.

Dia juga menyarankan para wanita selalu mengganti celana dalamnya. Selain alasan kesehatan, merawat vagina juga penting untuk memberikan kepuasan kepada pasangan supaya tidak terjadi perselingkuhan.

“Mencegah terjadinya perselingkuhan dan infeksi lainnya. Yang penting bikin wanita lebih percaya diri ke suaminya atau saat memberikan servis,” ujar dr Boyke. (anggi)

ADVERTISEMENT