Kia Siapkan Pesaing Honda HR-V, KIA Seltos Segera Meluncur di Indonesia

149
Kia Seltos

JAKARTA–PT Kreta Indo Artha (KIA) yang jadi salah satu anak perusahaan Indomobil Group, yang kini menaungi merek Kia di Tanah Air berjanji bakal meluncurkan SUV anyarnya awal tahun ini.

Kia Seltos, demikian kompak SUV yang dimaksudkan. Mobil tersebut nantinya akan melengkapi jajaran produk Kia Indonesia, setelah menghapus Sportage.
Namun detail waktu peluncuran masih dirahasiakan agen pemegang merek (APM). Marketing and Development Division Heat PT KIA, Ario Soerjo saat beberapa kali dihubungi kumparan pun belum bersedia membeberkannya.

“Untuk detailnya kapan, saat ini saya belum bisa share apa-apa,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Di Filipina misalnya, usai dirilis awal November hingga minggu ke-3 Desember 2019, Kia membukukan 5 ribuan unit pesanan Seltos, demikian dalam laporan Manila Inquirer.

Adapun di India, mengutip pemberitaan India Car News dari Kumparan.com, sejak Agustus sampai November tahun lalu Kia Seltos sudah dikirimkan ke konsumen sebanyak 40.849 unit.

Penjualan menunjukkan tren positif, mulai dari 6 ribuan dan 7 ribuan pada Agustus serta September, hingga puncaknya mencapai 14 ribuan unit pada November 2019.

Tentu angka penjualan yang cukup gemilang untuk ukuran mobil baru. Mitsubishi Xpander saja yang juga terbilang membawa dobrakan besar hanya terjual 11 ribuan unit, sejak dikenalkan Agustus hingga Desember 2017.

Tak cuma di Indonesia, Seltos juga rencananya juga akan mengaspal di negeri Jiran, ini sejalan dengan visi misi prinsipal yang akan lebih mengepakkan sayapnya di Asia Tenggara.

Soal spesifikasi, belum ada keterangan lebih jauh mengenai bocorannya. Kendati begitu, dia punya dua pilihan mesin: bensin dan Diesel.
Pilihan pertama berkapasitas 1.500 cc dengan output 113 dk dan torsi 1114 Nm, sementara versi Diesel juga menggunakan kapasitas mesin yang serupa dan menjanjikan tenaga 113 dk dan torsi puncak 250 Nm.

Lalu bagaimana dengan kiprah KIA Seltos di Indonesia? Menarik untuk dinantikan pesaing Honda HR-V, Mazda CX-3, hingga Wuling Almaz dari negeri ginseng ini. (*/tari)