Libatkan 381 Personil, Operasi Lilin di Palopo Digelar 10 Hari

138
Apel gelar pasukan Operasi Lilin. (Foto : Dok. Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2021 digelar di Mapolres Palopo, Kamis (23/12/2021). Apel itu dipimpin Walikota Palopo, HM Judas Amir.

Operasi lilin tahun ini mengangkat tema ‘Melalui Apel Gelar Pasukan-2021 kita tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansti Terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2021 dan tahun baru 2022’.

Operasi lilin sendiri berlangsung selama 10 hari. Mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Operasi lilin dilakukan untuk pengamanan perayaan natal dan tahun baru.

Dalam apel tersebut, Walikota Palopo membacakan amanat Kapolri, Jenderal Sigit Listyo. Dalam amanat tersebut semua personil yang terlibat harus menjaga kesehatan serta mempersiapkan fisik dan mental.

ADVERTISEMENT

“Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat,” kata Walikota yang membacakan amanat Kapolri.

Sekain itu, kata Judas Amir tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum natal 2021 dan tahun baru 2022.

“Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan Buddy System,” jelasnya.

Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

“Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” pesan akhir Kapolri.

Operasi Lilin tahun ini melibatkan 381 personil gabungan. Diantaranya, Polres Palopo 265 Personil, TNI AD 20 Personil, Satpol PP 30 orang, Dishub 30 orang, Senkom 8 orang, Dinkes 8 orang, BPBD 10 orang, dan Damkar 10 orang. (liq)

ADVERTISEMENT