OPINI: Husler, Pemimpin yang Masih Sangat Layak Pimpin Lutim 5 Tahun ke Depan

487
Syahiruddin Syah
ADVERTISEMENT

Oleh: Syahiruddin Syah
= Pengamat Politik Luwu Raya-Dosen Sospol Universitas Andi Djemma Palopo

SELAKU pengamat bisa-bisa saja meleset prediksinya, itu relatif, namun kali ini terkait dengan pilkada di Luwu Timur, memang sangat sulit untuk diprediksi oleh karena keduanya memiliki kans untuk menang, sehingga pengamat melihat dari aspek kepemimpinan kedua kandidat saja.

Husler seorang pemimpin yang merakyat, selama kepemimpinannya banyak bersentuhan langsung di masyarakat, baik itu berada di jam kerja maupun diluar jam kerja, beliau sering turun ke lapangan memantau jalannya kebijakan program daerah di semua sektor.

Terkadang kembali istirahat di rumahnya sampai jam 12 malam, ini dilakukan intens dan kontinyu sejak awal kepemimpinannya selaku bupati sampai sekarang.

ADVERTISEMENT

Hasil pemantauan pengamat selamai ini, masyarakat ketika pengamat tanya siapa pemimpin daerah yang sangat anda kagumi? Mereka gambalang menjawab diantara pemimpin yang selama ini memimpin daerah yang kami kagumi adalah Andi Hatta dan Husler.

Menurut tokoh masyaraakat yang penulis wawancarai mengatakan, Husler adalah sosok pemimpin yang selalu dirindukan masyarakatnya, beliau tanpa diundang untuk hadir diacara apa saja pasti beliau hadir bersama keluarganya, ini yang sangat berkesan bagi masyarakat.

Selanjutnya Husler dianggap pemimpin yang merakyat, yang mempunyai hati dan perasaan didalam menjalankan tugas pemerintahan tanpa merugikan beberapa aspek kebijakan program pemerintahan. Beliau selalu melakukan kenjungan ke desa untuk mengawal program OPD dan sekaligus bertegur sapa, melakukan silaturrahmi bersama masyarakat tanpa dipersiapkan keprotokolerannya, beliau hadir karena tugas namun tak lupa melakukan silaturrahmi dengan masyarakatnya.

Selain dari itu Husler memiliki kemampuan memimpin daerah dengan mengedepankan azas musyawarah dan mufakat.

Beliau lebih banyak mendengar saran-saran dan masukan dari anak buahnya, dan konsisten untuk menjalankan sebuah kebijakan yg bersumber dari aspirasi masyarakat.

Dalam hal kerjasamanya dengan para unsur muspida ini juga sangat mengesankan dan terjadi harmonisasi dengan para unsur muspida di Luwu Timur.

Ketika penulis mewawancarai beberapa mahasiswa yang berasal dari Luwu Timur, mengatakan bahwa kami sangat berterima kasih kepada pak Thoriq Husler karena beliau sangat memperhatikan mahasiswa yang menempuh studinya di perguruan tinggi dimanapun mereka bersekolah, akan diberikan bantuan subsidi beasiswa sampai kami sarjana, demi meringankan beban orang tua.

Oleh karena itu kami masih inginkan beliau memimpin daerah ini 5 tahun kedepan. Harapan beliau agar kelak ada yang bisa memimpin negara ini, minimal menjadi bupati, bila dia pengusaha agar dapat menjadi pengusaha sukses karena ilmunya.

Dan banyak lagi program husler yang lain menjadi sebuah kesan tersendiri bagi masyarakat Luwu Timur, antara lain memberikan kendaraan dinas operasional bagi kepala Desa dan kepala Dusun, memberikan jatah umroh bagi para guru mengaji dan imam mesjid.

Dari beberapa keberhasilan dalam kepemimpinan Husler pengamat menilai Husler masih layak memimpin Luwu Timur 5 tahun kedepan, oleh karena gaya kepemimpinannya sangat disenangi masyarakat Luwu Timur. (*/rah)

ADVERTISEMENT