Parade Busana dan Tata Rias Pengantin di Palopo, Ajang Generasi Muda Mengenal Adat Istiadat Luwu

79
Parade busana dan tata rias pengantin, di Gedung MCH, Rabu (24/11/2021). (Foto : Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Asisten II Kota Palopo, Ilham Hamid mewakili Walikota Palopo, HM Judas Amir menghadiri parade busana dan tata rias pengantin, di Gedung MCH, Rabu (24/11/2021). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemkot Palopo melalui Dinas Kebudayaan Kota Palopo.

Laporan Ketua Panitia, parade busana adat tana Luwu tujuannya mengembalikan adat tana luwu melalui busana pernikahan. Acara ini sudah lama direncanakan, tetapi Karena Pandemi acaranya baru dilaksanakan saat ini.

Sambutan Ketua DPP Harpi Melati, Suyatmi Harun mengatakan bahwa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Palopo Khususnya kepada Walikota Palopo.

“Tujuannya diadakan acara ini agar generasi muda mengenal lebih baik dan siap mempelajari dengan sungguh-sungguh tata rias pengantin maupun adat istiadat Luwu sebagai identitas budaya warisan leluhur yang harus kita lestarikan,” ujarnya.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, Ilham Hamid mengatakan parade busana adat tana Luwu dan tata rias pengantin, merupakan suatu kebanggaan bagi warga Luwu. Karena adanya kegiatan ini, generasi masa kini, mengetahui kekayaan budaya Luwu, dan perlu upaya untuk melakukan pelestarian, dengan cara menjaganya bersama-sama.

“Adapun harapannya dengan kegiatan parade seperti ini, masyarakat dapat melihat budaya yang mereka miliki,” katanya. Turut hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Kota Palopo, Ketua DPP Harpi Melati, serta tamu undangan. (Kominfo)

ADVERTISEMENT