Pembaca KORAN SERUYA yang Budiman, Anda Kena Asam Lambung Akut? Ikuti Saran Praktis Ini Supaya Bisa Sembuh

110
ilustrasi asam lambung
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Sudah tahu betapa pentingnya fungsi lambung dalam tubuh? Organ ini bertugas untuk menampung makanan, kemudian memecah, mengolah, memproses, hingga mendorong dan meneruskan makanan ke usus. Nah, sudah kebayang apa jadinya bila kesehatan lambung terganggu? Pastinya, terdapat beragam keluhan yang bakal muncul pada sistem pencernaan.

Untuk diketahui, penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi tersebut terjadi lantaran pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut, dan lambung mengalami iritasi.

ADVERTISEMENT

Naiknya asam lambung yang tiba-tiba naik tentunya sangat mengannggu aktiviats sehari-hari. Terlebih, menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati atau mulas pada area dadah bagian bawah. Kebanyakan orang malah bergantung pada obat untuk meredakannya.

Nah, pembaca KORAN SERUYA, ternyata ada cara menjaga kesehatan lambung, tapi dibutuhkan niat, kedisiplinan, dan tekad untuk menerapkan gaya hidup sehat. Nah, berikut beberapa gaya hidup sehat yang perlu diadopsi untuk menjaga kesehatan lambung.

Dilansir dari halodoc.com, pertama, penderita asam lambung haruis mencukupi cairan tubuh. Cara ini merupakan salah satu cara tersimpel untuk menjaga kesehatan lambung. Menurut National Health Service (NHS), konsumsi air dapat mendorong lewatnya limbah melalui sistem pencernaan dan membantu melunakkan kotoran.

Kedua, penderita asam lambung wajib makan tepat waktu. Pembaca KORAN SERUYA yang tengah berjuang bebas dari asam lambung disarankan makan tepat waktu agar lambung senantiasa sehat. Makan dengan jadwal yang tidak teratur, bisa meningkatkan refluks asam lambung, hingga memicu gejala maag pada pengidapnya. Oleh sebab itu, konsumsi makanan dan camilan sehat secara teratur. Lalu, usahakan untuk duduk saat makan, dan makan pada waktu yang sama setiap harinya.

Ketiga, jangan lupa olahraga. Ternyata olahraga tidak hanya dapat memperkuat tulang dan otot-otot tubuh saja. Aktivitas fisik yang teratur juga bisa menjaga makanan tetap bergerak melalui sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit serta masalah pencernaan lainnya. Di samping itu, olahraga juga bisa mempertahankan berat badan yang ideal yang baik untuk sistem pencernaan.

Penderita asam lambung juga disarankan menghindari asupan alkohol dan rokok sebagai saran keempat. Sebab, konsumsi asupan alkohol dan merokok ternyata bisa mengganggu fungsi lambung dan sistem pencernaan secara keseluruhan. Tak hanya itu saja, kedua kebiasaan ini juga bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius, contohnya seperti kanker lambung.

Dan yang terpenting, tips kelima, penderita asam lambung diminta membatasi makanan berlemak. Makanan kaya lemak tak baik bagi fungsi lambung karena cenderung memperlambat proses pencernaan. Nah, kalau sudah begini jangan heran bila kamu mengalami sembelit. Alternatifnya, coba batasi konsumsi makanan berlemak. Lalu, kombinasikan makanan ini dengan makanan berserat tinggi agar mudah dicerna tubuh.

Keenam, asapun serat sangat penting bagi penderita asam lambung. Sebab, serat berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk kesehatan lambung. Kamu bisa memperoleh asupan serat dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanan kaya serat juga bisa membuat proses pencernaan berjalan lancar, membantu mencegah sembelit, dan menjaga berat badan yang sehat. Menariknya lagi, diet tinggi serat bisa membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan wasir.

Ketujuh, ini juga sangat penting, batasi makanan pedas. Mengasup makanan pedas memang sulit dihindari oleh sebagian orang. Namun, dalam beberapa kasus ternyata kebiasaan ini memicu masalah pada lambung dan sistem pencernaan.

Menurut NHS, makanan pedas bisa menimbulkan mulas, sakit perut, atau diare. Jika kamu mengalami masalah ini setelah mengonsumsi makanan pedas, hentikan atau batasi mengonsumsi cabai atau makanan pedas lainnya.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan lambung yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh cara menjaga kesehatan lambung atau hal lainnya, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? (jun)

 

ADVERTISEMENT