Simalakama Tim Pra Porprov Palopo, Anton Samba: Faktor Non Teknis Sangat Berpengaruh!

246
Pelatih Kepala Tim Pra Porprov Palopo Anton Samba bersedih, timnya kini terkendala faktor Non Teknis. (Foto: Iccank)
ADVERTISEMENT

PALOPO——Kota Palopo yang dikenal sebagai gudang pemain sepak bola berbakat nampaknya sedang diuji.

Betapa tidak. Minus 3 minggu jelang pertandingan di grup 6 yang rencananya dihelat di Sorowako Luwu Timur, manajemen Tim Pra Porprov kota Palopo terlihat masih “acak-acakan” dan terkesan kurang perhatian, utamanya dinas terkait kepemudaan dan olahraga di kota idaman yang berpenduduk lebih dari 186 ribu jiwa ini.

Alhasil, tim kota Palopo itu bagai buah Simalakama. Ikut serta dengan persiapan minim dan seadanya tentu saja membuat hasil yang dicapai bakal tidak optimal.

Mau mundur, tentu hanya bikin Palopo lebih kehilangan muka. Haduh-haduh.

ADVERTISEMENT

Hal menyedihkan ini terungkap, usai wawancara khusus Koran Seruya dengan beberapa pemerhati sepak bola di kota idaman, termasuk dengan pelatih kepala tim Pra Porprov Palopo, Coach Anton Samba.

Coach Anton Samba tak kuasa menyembunyikan keprihatinannya atas kondisi tim yang telah ia bina sejak terbentuk beberapa bulan lalu itu.

Lewat saluran telepon, Selasa malam (13/7), Anton yang mantan legenda PSMS Medan itu mengaku menyerahkan semua masalah yang dihadapi ini kepada Pengurus Askot PSSI dan semua kalangan yang merasa memiliki dan punya hati bagi kebesaran nama Palopo di ajang regional Sulawesi Selatan itu.

“Saya tak bisa berkomentar banyak, semua sudah banyak yang tahu sebenarnya, bukan rahasia lagi, jadi saya serahkan saja (masalah ini) kepada kita semua. Saya disini ikhlas dan tulus membantu dalam melaksanakan tugas sebagai pelatih. Saya paham betul, jika kondisi non teknis ini sangat mengganggu persiapan adik-adik kita dalam bertarung 8-11 Agustus mendatang,” ucapnya.

“Sekali lagi, tentu tak etis jika saya mengomentari masalah Non Teknis yang semua sudah banyak yang paham dan mengetahuinya. Saya hanya berharap persiapan tim sampai keberangkatan ke Lutim nanti bisa berjalan lancar, meski apa adanya. Saya juga tak bisa mematok target lolos atau menang dengan kondisi seperti ini. Semua tim tentu ingin hasil yang terbaik. Tetapi sekali lagi, faktor Non Teknis sangat berpengaruh,” sebut Anton dengan nada sedih.

Sebelumnya, legislator muda Demokrat, Cendrana Saputra Martani secara tegas menyoroti perhatian stakeholder olahraga di kota Palopo yang terkesan acuh tak acuh atas peningkatan prestasi sepak bola dan olahraga lainnya di kota Palopo.

Ia menyayangkan jika dinas terkait, misalnya, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palopo terkesan kurang peduli atas euforia perhelatan Pra Porprov yang sisa hitungan hari lagi itu.

“Saya banyak berkomunikasi dengan tim, termasuk pelatih, asisten dan adik-adik kita di Pra Porprov. Tentu saya merasa prihatin, minus 3 minggu lagi tim ini akan bertanding membawa nama daerah kita (kota Palopo) tetapi kontribusi dan perhatian pihak-pihak terkait masih minim,” ungkap CSM, nickname familiar Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Palopo itu.

Baca Juga: Dilanda Dilema, Coach Anton Coret Dua Pemain Pra Porprov Kota Palopo

Diketahui, Tim Pra Porprov Kota Palopo berada di grup 6 Pra Porprov Sulsel. Di grup tersebut, Palopo akan bertarung menghadapi tuan rumah Askab PSSI Luwu Timur dan Askab Toraja Utara.

Pemuncak grup nantinya otomatis lolos ke Porprov Sinjai & Bantaeng, tahun 2022 mendatang.

Hanya 1 tim yang dipastikan lolos dalam fase grup Pra Porprov kali ini. Dua tim lainnya yang menghuni posisi runner-up dan urutan ketiga, dipastikan tersingkir.

Jadi, bagaimana kelak nasib Palopo?

(*)

ADVERTISEMENT