Tips Menghias Hunian dengan Furnitur Kayu Supaya Terlihat Modern

83
ILUSTRASI
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA.COM–Furnitur yang terbuat dari kayu sampai saat ini masih banyak digandrungi. Salah satu alasan terkuatnya, membuat hunian atau ruangan jadi lebih estetik. Tidak hanya itu saja sebenarnya, berbagai furnitur yang terbuat dari kayu memiliki daya tahan yang lama, kuat, gampang dipadukan dengan berbagai desain interior sampai dengan ramah lingkungan.

Ada banyak sekali furnitur yang terbuat dari kayu, contohnya adalah meja makan, lemari, kursi, sampai dengan rak buku. Bagi Anda yang senang dengan desain yang modern, furnitur yang terbuat dari kayu juga cocok untuk dipilih. Tapi bukan asal diletakkan begitu saja, ada beberapa tips menghias rumah dengan furnitur kayu untuk tampilan lebih modern.

Pilih Furnitur Kayu Warna Putih

Berbagai furnitur kayu memang kebanyakan memiliki warna cokelat. Baik itu cokelat muda, tua, sampai dengan yang sedang-sedang saja. Salah satu tips membuat tampilan hunian jadi lebih modern adalah dengan memilih furnitur warna putih. Selain modern, juga akan membuat suasana jadi lebih elegan.

ADVERTISEMENT

Jika sudah terlanjur membeli furnitur kayu berwarna cokelat atau lainnya, Anda bisa mengecatnya sendiri ya. Supaya lebih terkesan senada, pilihlah bagian lain dengan warna putih juga. Misalnya saja untuk lantai, korden, dan juga hiasan dinding. Namun karena warna putih lebih mudah kotor, Anda harus rajin-rajin membersihkannya ya.

Bisa Pilih Furnitur Warna Segar

Jika Anda menghindari furnitur kayu warna putih, ada alternatif lainnya yang bisa dipilih. Yakni mengisi rumah dengan berbagai furnitur dengan warna warna yang segar. Sekarang ini semakin banyak pilihan furnitur kayu dengan warna warni yang cantik. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan selera saja. Memadukan warna-warnanya juga tidak masalah.

Jika memadukan berbagai warna, pastikan masih cocok. Tidak ada salahnya dengan berinovasi dengan warna-warna baru. Tapi bagi yang ingin hanya satu warna saja, kuning, biru, dan sampai merah bisa dipilih. Supaya tidak salah dalam pilih warna, ada baiknya sebelum membeli furnitur kaya untuk mencari referensi dekorasi terlebih dahulu.

Kombinasikan Furnitur Putih dan Cokelat

Alternatif lainnya yang sekarang juga banyak diterapkan adalah memadukan furnitur kayu warna putih dan juga cokelat dalam satu ruangan. Kombinasi ini akan sangat serasi, memberikan kesan hangat dan juga hidup secara bersamaan. Anda bisa memilih furnitur cenderung ke satu warna atau dibagi secara merata.

Supaya tampilan modern semakin terlihat, Anda juga bisa memberikan sedikit sentuhan warna hitam di beberapa ornamen. Misalnya saja di lampu gantung, garis-garis di bantalan kursi, sampai dengan hiasan dinding. Bisa dibilang, cokelat, putih, dan hitam ini merupakan warna pamungkas, bisa sekali untuk diandalkan.

Beli Furnitur Kayu Secukupnya

Cara lainnya adalah jangan berlebihan dalam menempatkan furnitur kayu dalam satu ruangan. Anda bisa melakukan padu padan dengan bahan lainnya. Contohnya saja, jika telah memilih meja kayu , bisa meletakkan kursi dengan busa yang empuk. Selain itu, bisa juga memadukan meja kerja dengan kursi yang kakinya terbuat dari kayu namun badannya dari plastik.

Intinya, jangan sampai di dalam satu ruangan banyak sekali furnitur kayu. Tampilannya akan menjadi monoton atau sangat membosankan.

Padukan dengan Tanaman

Membuat suasana ruangan semakin hidup, Anda bisa menambahkan tanaman hias di atas meja. Untuk ukurannya, bisa tanaman besar atau juga kecil. Sesuai dengan ruangan yang dimiliki. Jika ruangannya luas, bisa memilih berbagai tanaman ukuran besar. Dan sebaliknya, jika ruangan kecil atau terkesan sempit, pilihlah tanaman kecil-kecil.

Jenis tanaman yang bisa dipilih banyak sekali. Mulai dari kaktus, sukulen, bonsai, sampai dengan lidah mertua. Selain bisa membuat suasana semakin hidup, tanaman lidah mertua dapat mengurangi polusi udara di dalam rumah. Rumah akan semakin sehat saja. Untuk peletakannya, Anda bisa menaruhnya di atas meja, pojokan ruangan, dan di atas rak-rak buku.

Tambahkan Ornamen Warna Warni

Furnitur kayu pada umumnya memberikan kesan hangat. Jadi supaya terlihat lebih modern, Anda bisa menambahkan berbagai aksen atau ornamen warna warni. Misalnya saja untuk gantungan dinding atau warna bunga yang dipilih. Perpaduan antara warna hangat dan ceria akan membuat hunian jauh lebih nyaman.

Pilihan lainnya yang bisa diambil, Anda bisa meletakkan bantalan kursi warna warni. Jadi, tamu yang datang akan melihat kombinasi warna yang tidak membosankan sama sekali.

Kesan Lebih Modern dengan Lighting

Satu lagi hal yang bisa Anda lakukan adalah memberikan pencahayaan yang bagus. Tidak hanya pencahayaanya, bentuk lampunya pun bisa dibuat lebih modern. Bisa memilih lampu gantung atau model berdiri (standing lamp). Untuk lampu gantung, bisa memilih yang terbuat dari anyaman, stainless, sampai dengan kayu lagi. Untuk jenisnya, bisa bohlam hias, industrial, kerucut, dan abstrak.

Sementara bagi Anda yang ingin menambahkan standing lamp, tema-tema industrial cocok untuk dibeli. Jika ingin menonjolkan sesuatu, misalnya saja lukisan, Anda bisa memilih lampu spotlight yang akan menyorot ke satu titik tertentu.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan hunian tetap modern dengan furnitur kayu. Bagi Anda yang sedang berburu berbagai furnitur kayu, baik itu meja makan, kursi, lemari, sampai dengan gantungan baju, cek berbagai rekomendasi apiknya di Blibli. (***)

ADVERTISEMENT