PALOPO – Kapolres Palopo, AKBP Ardiansyah kembali menunjukkan aksi sosialnya. Perwira dua melati di pundak itu mengunjungi Nasrun (55) warga kurang mampu yang tinggal di Jalan Sungai Rongkong, Kelurahan Salobulo, Selasa (6/11) siang.

Kesehariannya, Nasrun hanya bekerja serabutan. Penghasilannya pun tak menentu, yang terpenting baginya kebutuhan keluarganya bisa terpenuhi. Dia memiliki seorang anak yang mengalami kebutaan. Jayadi (23) namanya. Dalam kesehariannya, Jayadi hanya bisa tinggal di rumah.

Mereka tinggal di rumah yang beralaskan tanah dan beratap nipah. Dinding rumah mereka dari papan yang sudah lapuk dimakan usia. Bila hujan deras, tak jarang air memasuki kediaman mereka. Namun hal tersebut tetap disyukuri Nasrun. Tak ada keluh, apa lagi kesah yang terlontar dari mulutnya.

Siang itu, wajah Nasrun begitu ceria. Kedatangan Kapolres Palopo ke rumahanya adalah sesuatu yang istimewa. Tak pernah terlintas di benaknya, dia dapat kunjungan dari orang nomor saru di Polres Palopo.

Namun kecerian Kapolres Palopo seketika sirna saat melihat kondisi Jayadi yang berbaring di tempat tidur. Dia berusaha membendung kristal bening yang tertampung di pelupuk matanya. Orang terdekatnya juga menyadari hal tersebut. Mereka lebih memilih diam dan larut dalam pikiran masing-masing.

Beberapa menit kemudian, pertahanan mantan Kapolres Sinjai itu akhirnya jebol juga. dia sudah tak tahan membendung air matanya melihat kondisi Jayadi. Pipinya basah. Beruntung, dia cepat mengendalikan dirinya agar tak terlalu larut dalam kesedihan.

“Semoga Allah mengangkat penyakitmu nak,” do’a Ardiansyah dalam hati.

Dalam kunjungannya tersebut, Ardiansyah juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada Nasrun. Bantuan tersebut berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya.

“Tidak banyak, tapi semoga ini dapat membantu meringankan beban pak Nasrun,” pungkasnya. (liq)