10 Kejadiaan Tragis Malam Tahun Baru akibat Kembang Api, Hati-Hati

618
ADVERTISEMENT

PERAYAAN tahun baru selalu identik dengan pesta kembang api dan petasan. Banyak orang berbondong-bondong melihat indahnya kembang api di beberapa titik di kota. Ada juga yang asyik menyalakan kembang api dan petasan sendiri di rumah.

Jika tidak hati-hati kembang api dan petasan itu justru bisa membahayakan. Beberapa yang pernah terjadi dalam perayaan tahun baru malah melukai mereka yang menyalakannya.

ADVERTISEMENT

Nah, berikut 10 kisah tragis akibat ledakan petasan di malam tahun baru dikutip KORAN SERUYA dari brilio.net, Rabu (30/12/2019).

1. 15 Korban luka di Denpasar, Bali, tahun 2014

ADVERTISEMENT

Dalam insiden ini, 15 warga Kota Denpasar dari berbagai usia menjadi korban ledakan pada perayaan Tahun Baru 2014. Padahal, polisi sudah rajin menggelar razia, tapi tetap saja berjatuhan korban.

2. 9 orang korban luka petasan di Bali, tahun 2015

ADVERTISEMENT

Sebanyak 9 orang korban terkena ledakan kembang api, termasuk salah satu orangnya pria berusia 41 tahun yang terkena percikan kembang api.

3. 8 Anak terkena mercon malam tahun baru di Jakarta, tahun 2014

Sebanyak 8 anak yang terkena mercon tersebut harus dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Awasi adik atau saudaramu yang masih anak-anak ya karena petasan dan kembang api bisa sangat berbahaya.

4. Jadi buta karena ledakan kembang api, Belanda

Di luar negeri sendiri hampir sama, kembang api dan petasan juga memakan korban. Di Belanda, korban buta yang disebabkan ledakan kembang api bahkan mencapai angka 101. Nah, berbahaya sekali bukan?

5. 4 anak terkena petasan dan kembang api di Padang, 2012

Ada yang matanya terkena serpihan kembang api dan tangannya luka karenda ledakannya. Sudah jadi langganan tiap malam tahun baru Rumah Sakit mengalami lonjakan pasien karena korban ledakan petasan.

6. 2 Orang jari tangannya nyaris putus di Bogor, Jawa Barat, tahun 2014

Dua orang ini masih beruntung karena ledakan tidak mengenai bagian tubuh yang lain. Ledakan ini terjadi karena petasan justru meledak di tangannya sebelum dilempar.

7. Rumah terbakar karena kembang api dan petasan, di Kupang, Nusa Tenggara Timur, 2014

Keluarga korban tengah melakukan kebaktian tahun baru di gereja, rumah mereka terbakar karena warga yang lalai ketika bermain kembang api. Harus lebih hati-hati ya.

8. 260 Orang jadi korban ledakan petasan tahun baru 2014

Di Filipina, perayaan tahun baru justru melukai 260 warga akibat ledakan petasan. Peristiwa ini memperingatkan kita untuk lebih berhati-hati lagi.

9. Bayi meninggal terkena petasan di Merauke, Papua, 2014

Seorang bayi yang masih berusia lima bulan meninggal karena terkena ledakan petasan tahun baru 2014. Bayi juga bisa jadi korban kalau nggak hati-hati.

10. 13 Orang jadi korban ledakan petasan dan kembang api di Denpasar, 2011

Bali memang jadi langganan korban terkena petasan ya karena selalu ada tiap tahunnya. 13 korban ini dirawat di RS Sanglah, Bali. Korban berasal dari Kabupaten Denpasa dan Gianyar. (*/tari)

ADVERTISEMENT