Anda Melahirkan Caesar? Ini Saat yang Tepat Berhubungan Intim dengan Suami

604
ILUSTRASI

OPERASI caecar jadi perhatian setelah Selvi Ananda, istri Gibran Rakabuming melahirkan anak keduanya melalui operasi caesar di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat (15/11/2019) lalu.

Apa hubungannya istri Gibran melahirkan melalui operasi caesar? Ternyata banyak wanita melahirkan caesar sering bertanya, kapan waktu yang aman untuk berhubungan intim setelahnya? Haruskah menunggu hingga satu tahun?

Seksolog sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta, dr Andri Wanananda, MS, mengatakan bahwa tidak perlu menunggu hingga satu tahun. Jika jaringan uterus (kandungan) sudah pulih bisa melakukan hubungan intim.

“Setelah operasi caesar, biasanya 1 (satu) bulan jaringan uterus (kandungan) sudah pulih. Dengan demikian, setelah 1 (satu) bulan operasi, tidak masalah untuk melakukan hubungan intim,” katanya dikutip KORAN SERUYA dari detikcom.

dr Andri menambahkan, penetrasi penis saat berhubungan intim hanya terbatas dalam rongga vagina, tidak ‘menembus’ kandungan. Dengan demikian tidak usah menunggu sampai waktu lama untuk bercinta dengan istri.

Perlu diketahui pula, jangan buru-buru untuk berencana hamil lagi usai operasi caesar. Dikutip dari Women’s Health, buru-buru untuk hamil lagi dalam jarak waktu dekat pasca melahirkan bisa menimbulkan berbagai risiko, baik pada ibu maupun janin. Maka dari itu, mengatur waktu yang tepat harus menjadi perhatian para orang tua.

Baik persalinan melalui operasi caesar maupun normal, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS pernah mengatakan bahwa jarak waktu kehamilan yang paling baik adalah dua sampai tiga tahun. Pasalnya hal tersebut juga berkaitan dengan pemberian air susu ibu (ASI).

“Paling bagus itu dalam jangka waktu dua sampai tiga tahun supaya anak juga dapat ASI selama dua tahun dan supaya ibu juga sempat memperbaiki bentuk tubuhnya baru boleh hamil lagi,” pungkasnya. (**/tari)