Begini Cara Memilih Produk Asuransi Kesehatan Terbaik

61
ADVERTISEMENT

Kepemilikan asuransi kesehatan bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan perlindungan finansial terhadap risiko-risiko kesehatan. Asuransi kesehatan seringkali tidak hanya memberi perlindungan finansial, akan tetapi juga memberi dampak psikologis yang membuat pemegang polis merasa lebih tenang dalam menjalani hidup.

Sama seperti produk asuransi lain, sebuah asuransi kesehatan merupakan sebuah produk asuransi yang melibatkan dua pihak sebagai tertanggung dan penanggung. Nasabah merupakan pihak tertanggung dan perusahaan asuransi akan berperan sebagai penanggung.

ADVERTISEMENT

Begitu juga produk asuransi kesehatan Astra Garda Healthtech, memiliki ketentuan yang juga sama dengan asuransi dari perusahaan asuransi lain.

Selain memahami peran masing-masing dalam hal ini sebagai  tertanggung dan penanggung, sebelum membeli asuransi juga harus mengetahui apa itu premi asuransi atau sejumlah uang yang dibayarkan oleh nasabah tertanggung kepada pihak perusahaan asuransi penanggung sebagai bentuk imbalan jasa atas pengalihan risiko serta kerugian yang sewaktu-waktu  mungkin akan diderita oleh tertanggung.

ADVERTISEMENT

Jumlah premi yang akan dibayarkan oleh tertanggung kepada pihak penanggung tentu berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan masing-masing.

Nah, untuk mengetahuinya, gini cara cek premi asuransi yang bisa untuk coba dilakukan. Cara paling praktis adalah dengan memanfaatkan marketplace asuransi seperti Lifepalk.co.id.

Mengenal Lebih Dekat  Produk Asuransi Kesehatan

Sebuah produk asuransi kesehatan yang baik akan memberikan manfaat bagi nasabah sebagai pemegang polis berupa penggantian biaya rawat inap, baik itu biaya kamar, tagihan pelayanan dokter, obat-obatan serta biaya lain yang masuk dalam paket rawat inap tersebut.

Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah penggantian biaya atas tindakan pembedahan berupa bedah reseksi, rekonstruktif ataupun amputasi. Biaya pertanggungan ini sudah termasuk dalam biaya dokter bedah, dokter anestesi dan biaya kamar operasi.

Asuransi kesehatan juga memberi pertanggungan atas biaya rawat jalan yang dijalani oleh nasabah pemegang polis. Biaya rawat jalan ini berupa semua tindakan medis yang tidak mengharuskan nasabah untuk menjalani rawat inap. Penggantian biaya rawat jalan ini berupa biaya pra-opname, pasca-opname, kunjungan dokter untuk tujuan diagnosis ataupun kebutuhan pengobatan.

Produk asuransi kesehatan yang baik juga memungkinkan nasabah pemegang polis untuk mendapatkan manfaat lain dalam wujud perluasan pertanggungan asuransi. Manfaat tambahan ini dapat berupa pertanggungan atas biaya perawatan gigi, melahirkan baik normal ataupun caesar, pemeriksaan kesehatan serta perawatan mata.

Pertanggungan untuk biaya perawatan gigi dapat termasuk biaya cabut gigi, menambal gigi hingga pemeriksaan dan perawatan gigi berkala. Sedangkan perawatan mata yang ditanggung asuransi berupa perawatan kesehatan mata hingga biaya membeli kacamata atau alat bantu penglihatan.

Beberapa produk asuransi seperti asuransi Astra Garda Healthtech menawarkan manfaat dasar hingga manfaat tambahan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan nasabah sebagai pemegang polis asuransi. Ragam manfaat pertanggungan yang dipilih oleh nasabah akan mempengaruhi besarnya kewajiban membayar premi pada pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Mengenal Seluk Beluk Premi Asuransi dan Perhitungannya

Premi merupakan elemen utama dalam skema asuransi karena biaya ini merupakan kewajiban pihak tertanggung pada pihak penanggung untuk mendapatkan proteksi atau perlindungan berdasarkan perjanjian yang ada dalam polis asuransi. Nasabah sebagai tertanggung bisa mendapatkan hak perlindungan setelah memenuhi kewajiban membayar premi pada pihak penanggung, yaitu perusahaan asuransi.

Hubungan antara pihak perusahaan asuransi dengan nasabah dalam konteks penanggung dan tertanggung dapat memunculkan beberapa situasi terkait hak dan kewajiban membayar premi. Pihak nasabah sebagai tertanggung mungkin mendapatkan cuti premi, yaitu durasi waktu tertentu ketika nasabah tidak dibebani kewajiban membayar premi tanpa kehilangan manfaat perlindungan.

Pihak tertanggung mungkin juga mendapatkan refund premi, yaitu pengembalian biaya asuransi oleh pihak penanggung ketika nasabah sebagai tertanggung mengundurkan diri dari program asuransi ketika masa pertanggungannya belum berakhir.

Dalam hal pembayaran premi juga ada istilah lumpsum dan premi dasar. Lumpsum merupakan istilah untuk menyebut pembayaran premi yang dilakukan sekali saja atau dalam waktu sekali saja; tipe pembayaran ini seringkali ditemui pada asuransi jiwa. Sedangkan istilah premi dasar atau premi tunggal merupakan skema pembayaran premi yang dilakukan sekaligus; misalnya pembayaran premi yang dilakukan setahun sekali dan tidak dilakukan setiap bulan.

Anda yang tertarik untuk memiliki asuransi kesehatan, cara cek premi asuransi bisa dilakukan salah satunya lewat marketplace asuransi.

Akan ada beberapa faktor atau informasi dari pihak nasabah yang akan menentukan besarnya premi seperti usia, profesi, riwayat kesehatan serta pola hidup nasabah.

Calon nasabah asuransi kesehatan yang memiliki profesi minim risiko, memiliki riwayat kesehatan yang baik serta menjalani pola hidup sehat atau tidak memiliki kebiasaan buruk terkait kesehatan akan berpotensi mendapatkan premi yang lebih rendah.

Premi lebih rendah ini bisa dinilai dengan dibandingkan calon nasabah yang memiliki profesi berisiko, memiliki banyak masalah kesehatan serta memiliki kebiasaan yang dinilai kurang baik dari sisi kesehatan seperti kebiasaan merokok.

Sedangkan besaran premi bisa diperhitungkan dengan rumus :

Tarif Premi Asuransi X Total Uang Pertanggungan = Besaran Premi Asuransi

Anda yang berencana untuk memiliki polis asuransi bisa mencoba melakukan simulasi di marketplace asuransi untuk membandingkan dan memperhitungkan kewajiban premi serta manfaat pertanggungan apa saja yang bisa diperoleh.

ADVERTISEMENT