Berbeda dengan Tahun Sebelumnya, HUT ke-21 Palopo Akan Berlangsung Meriah

297
ADVERTISEMENT

PALOPO – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Palopo ke-21 akan jauh berbeda, dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dimana tahun ini, akan dimeriahkan dengan pagelaran Night Race di Ratona Motor Sport.

Sirkuit Ratona Motor Sport rencananya juga akan diresmikan pada pagelaran tersebut.

ADVERTISEMENT

Pada puncak acara, ada beberapa kegiatan yang dipersiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo. Salah satunya malam Harmoni Kebersamaan 21 Kota Palopo.

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Kegiatan HUT 21 Tahun Kota Palopo, Irfan Dahri dalam rapat persiapan di ruang pertemuan Ratona, Kantor Walikota Palopo, Senin 12 Juni 2023.

ADVERTISEMENT

“Karena peringatan kali ini akan ada kegiatan pokok dan beberapa kegiatan kegiatan lainnya, semisal selain dari rapat paripurna istimewa DPRD yang juga dirangkaikan dengan peresmian Kantor Baru DPRD Kota Palopo, yang mana ini menjadi kegiatan pokok hari jadi,” katanya.

Kemudian ada kegitan, Palopo Fashion Carnaval (PFC) yang akan menampilkan etnis dari kelompok ataupun kerukunan-kerukunan keluarga masyarakat yang ada di Kota Palopo, seperti kerukunan masyarakat Jawa, Lombok, Bali, Toraja Makassar, Tionghoa, dan lain lain.

“Juga ada Libukang Island Fest, yang dikonsepkan akan diisi kegiatan seperti lomba perahu hias, manre sappera, lomba kecepatan perahu dan sebagainya,” ungkap Irfan.

Lanjut Irfan, Ada lomba mendongeng dan pidato bahasa daerah, lomba ini akan diikuti oleh pelajar tingkat SD dan SMP. “Ini untuk kita menyiarkan kembali bagaimana penggunaan bahasa daerah kita sebagai bahasa ibu, bahasa Luwu di Kota Palopo, yang saat ini telah dijadikan Perda,” ujarnya.

“Selanjutnya ada juga Night Race dan peresmian Ratona Motor Sport, sirkuit ratona kota palopo pada akhir bulan Juli yang akan diisi salah satu rangkaian kejuaraan nasional. Dan ini mungkin masuk sebagai salah satu yang pertama untuk night race, balapan malam dalam seri kerurnas ini,” jelas Irfan Dahri.

“Jadi kita tinggal matangkan konsep untuk pelaksanaan dilapangan. Dan ini tentunya membutuhkan partisipasi semua pihak, semua elemen masyarakat karena suksesnya acara ini tergantung dari bagaiman kolaborasi dan kebersamaan kita semua,” kuncinya.

Kadis kominfo, Wahyudin pada pertemuan itu meminta roundown acara setiap kegiatan karena menurutnya, pada peringatan hari jadi nantinya, Diskominfo palopo akan menyiapkan videotron dan live streaming untuk semua kegiatan.

Sekretaris Daerah, Firmanza DP mengatakan, peringatan HUT Kota Palopo tahun ini menjadi peringatan terakhir dimasa kepemimpinan bapak walikota dan wakil walikota.

“Untuk itu kita tentu semua berharap peringatan kali ini lebih baik dari biasanya. Kita mau seluruh elemen masyarakat terlibat didalamnya. Ini harapan kita semua, mudah-mudahan bisa menjadi peringatan hari jadi yang sangat meriah,” ungkapnya.

Sekda melanjutkan, beberapa kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan, bisa terlaksana dengan baik apabila semua piahk bisa melakoni apa yang sudah menjadi tugas dan tanggungjawab.

“Di tangan bapak Ibu semua sudah ada keputusan walikota tentang pembentukan panitia. Kita berharap seluruh panitia yang ada memperlihatkan kinerja memperlihatkan tanggungjawab, sehingga apa yang menjadi harapan kita, bagaimana perayaan dalam peringatan hari jadi kota palopo kita ini bisa berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya.

“Tentunya kita juga berharap pihak keamanan bisa membackup kita karena InSya Allah kita akan laksaakan ini semeriah mungkin,” jelas sekda.

Lebih lanjut, sekda menyampaikan bahwa Tahun 2023 ini merupakan tahun terakhir dari pemenuhan RPJMD Walikota dan wakil walikota Kota Palopo. “Oleh karena itu saya meminta kepada Bappeda, sebagaimana yang telah disampaikan bapak walikota sebelumya bahwa ada semacam buku capaian,” pungkasnya. (Dzul)

ADVERTISEMENT