Bupati Indah Lebih Pilih Melahirkan Normal Ketimbang Caesar, Ini Alasannya

910
Bupati Luwu Utara (Lutra), Sulsel, Indah Putri Indriani

MASAMBA–Bupati Luwu Utara (Lutra), Sulsel, Indah Putri Indriani mengajak kaum ibu yang akan melahirkan supaya melahirkan secara normal.

Pesan itu disampaikan Indah saat membuka kegiatan Kelas Persiapan Persalinan, Sabtu (16/11/2019), di Halaman Rumah Jabatan Bupati. Kegiatan ini merupakan program Save Bunda Bisa yang dirancang Komunitas Kelas Terindah (KKT) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara.

Di hadapan peserta Kelas Persiapan Persalinan yang notabene para ibu hamil, Bupati Lutra Indah Putri Indriani mengatakan, program Save Bunda Bisa adalah salah satu upaya promotif pemerintah di sektor kesehatan. Dan salah satu yang disarankan Bupati Lutra Indah Putri Indriyani, adalah bagaimana para ibu hamil ini melahirkan secara normal.

“Melahirkan normal itu akan mengurangi tekanan secara psikis, terutama bagi sang ibu itu sendiri. Yang tidak kalah pentingnya, bagi janin atau calon bayi,”
kata Bupati Lutra, Indah Putri Indriani.

Untuk itu, kata dia, para ibu hamil ini harus mendapatkan dukungan dari keluarga agar bisa melahirkan secara normal.

Ia menambahkan, persalinan normal sangat berkaitan erat dengan kualitas kehidupan ibu dan bayi itu sendiri. “Allah menciptakan kita sempurna, dan bayi lahir tentu melalui jalannya. Jadi biarkan dia keluar melalui jalannya, bukan jalan yang lain,” kata Indah.

Ia pun tak lupa memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. “Saya mengapresiasi ini, karena kita juga ikut membantu pemerintah dalam upaya mengurangi beban, karena biaya persalinan normal itu tidak sebesar dengan persalinan sectio caesarae. Sekali lagi, saya berharap kepada kita semua, para ibu hamil, untuk bisa melahirkan secara normal dan lancar,” pungkasnya. (LH/HMS)