Cetak Rekor, Transaksi K-UMKM Expo Harkopnas Ke 75 di Luwu Capai Rp2,1 Miliar

53
ADVERTISEMENT

BELOPA — Pameran K-UMKM Expo 2022 di Kabupaten Luwu resmi ditutup oleh Bupati Luwu, Dr. Drs. H Basmin Mattayang, M.Pd, Senin (12/12/2022) malam. K-UMKM Expo 2022 yang dipusatkan di lapangan olahraga Andi Djemma Kota Belopa, Kelurahan Senga Kecamatan Belopa dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ke-75 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Basmin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta pameran serta masyarakat Kabupaten Luwu dengan animo yang besar menyambut baik pelaksanaan K-UMKM Expo 2022.

ADVERTISEMENT

“Oleh karena itu atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada segenap keluarga dari 24 Kabupaten/Kota se Sulsel yang datang guna mengangkat harkat dan martabat masyarakat Luwu khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” lanjutnya.

Dipilihnya Kabupaten Luwu sebagai penyelenggara Harkopnas Ke-75 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan kata Basmin adalah penghargaan yang luar biasa karena akan memicu perkembangan koperasi di Kabupaten Luwu. “Insya Allah kedepan, perkembangan koperasi di Kabupaten Luwu akan kita tingkatkan sesuai dengan harapan ketua Dekopinwil Sulsel,” lanjutnya.

ADVERTISEMENT

Kepada pihak TNI-Polri dan seluruh masyarakat yang terlibat, Bupati Luwu juga menyampaikan ucapan terimakasih yang telah mendukung terlaksananya kegiatan K-UMKM Expo 2022 sehingga berjalan dengan kondusif.

“Selamat jalan para peserta Kegiatan K-UMKM Expo 2022 dari 24 kabupaten/kota, semoga tiba dengan selamat didaerah masing-masing. Permohonan maaf jika ada kekurangan selama kegiatan ini berlangsung. K-UMKM Expo 2022 kita tutup, tetapi Kepada pelaku UMKM lokal Luwu, Insya Allah, saya persilahkan untuk tetap beraktifitas sampai malam minggu akan datang dengan catatan jaga keamanan dan kebersihan, semoga perputaran ekonomi semakin meningkat dan pemulihan ekonomi di kabupaten Luwu berjalan sesuai yang kita harapkan”, tutupnya.

ADVERTISEMENT

Ketua Dekopinwil Sulsel, Asrullah Awing, dihadapan para tamu undangan dan masyarakat Kabupaten Luwu, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-75 tingkat provinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan di Kabupaten Luwu merupakan yang terbesar dan meriah selama pelaksanaan peringatan Harkopnas di Indonesia.

“Alhamdulillah seluruh pengurus dekopin dari 24 kabupaten/kota se Sulsel serta 22 kecamatan se Kabupaten Luwu hadir merayakan hari Koperasi Nasional yang Ke-75. Dan saya sampaikan, inilah Peringatan Harkopnas terbesar dan paling meriah selama ini di Indonesia. Apalagi dihadiri oleh ribuan masyarakat dari seluruh pelosok Kabupaten Luwu dan terkhusus dari Gerakan koperasi se Sulsel,” ungkap Asrullah.

Atas pelaksanaan Harkopnas di Kabupaten Luwu, Asrullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Luwu dan Ketua TP PKK Kabupaten Luwu dalam mendukung penuh Gerakan koperasi di Kabupaten Luwu.

Asrullah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Dekopinda Kabupaten Luwu, Andi Muhammad Arfan Basmin yang memberikan sumbangsih besar atas keberhasilah pelaksanaan Harkopnas Ke-75 tingkat Provinsi Sulsel.

Asrullah berharap pelaksanaan K-UMKM Expo 2022 membawa berkah bagi peningkatan perekonomian seluruh masyarakat Kabupaten Luwu dan masyarakat Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Luwu, yang merangkap sebagai Ketua Panitia, Rahimullah, melaporkan, peserta pada kegiatan K-UMKM Expo 2022 sebanyak 356 stand yang terdiri dari 24 kabupaten/kota, 22 kecamatan, dan UMKM local Luwu sebanyak 310 stand.

“Transaksi jual beli yang dihasilkan sejak tanggal 8-11 Desember 2022 berjumlah Rp.1,69 miliar dan jika digabungkan malam penutupan ini maka jumlahnya mencapai Rp.2,11 miliar lebih”, ungkap Rahimullah.

Selain jumlah transaksi, Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Luwu juga mencatat jumlah kunjungan tamu dari luar Kabupaten Luwu mencapai 2.000 orang.

Pada kesempatan itu, Bupati Luwu menyerahkan bendera pataka Dekopinwil Sulsel ke dekopinda Kabupaten Bone sebagai penyelenggara peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-76 Tingkat Provinsi Sulsel tahun 2023.

Malam penutupan K-UMKM Expo 2022 dirangkaikan pula pengumuman stand terbaik, dimana pada Kategori kabupaten/kota, BUMN, BUMD dan perusahaan, juara 1 diraih oleh stand PT. Masmindo Dwi Area, Juara 2 stand Pemkot Palopo, juara 3 stand Kabupaten Luwu Utara, dan Juara favorit diraih stand Dekranasda Luwu. Sementara Kategori Kecamatan, Juara 1 diraih stand Kecamatan Belopa Utara, Juara 2 stand Kecamatan Belopa serta Juara 3 bersama diraih stand Kecamatan Suli dan Bajo. (rls/roy)

ADVERTISEMENT