Damkar Luwu Timur Tangkap Ular Raksasa, Panjangnya 8 Meter

208
ADVERTISEMENT

MALILI — Personel Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Luwu Timur berhasil menangkap seekor ular piton di wilayah Desa Ussu, Kecamatan Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada Senin (10/4/2023) malam.

Ular tersebut ditangkap di jalan menuju Perumahan Kenzu Sanagi Ussu dan memiliki panjang sekitar 8 meter serta baru saja memangsa hewan lain. Penangkapan ular tersebut berhasil dilakukan setelah seorang warga bernama Aulia melaporkannya kepada Damkar Luwu Timur pada pukul 20.30 Wita.

ADVERTISEMENT

Petugas berhasil mengevakuasi ular tersebut pada pukul 21.36 Wita. Kasi Penyelematan dan Evakuasi Damkar Luwu Timur, Lisman, mengatakan bahwa ular tersebut melintas di jalan perumahan. “Ular ini melewati jalan tersebut sangat lambat dan juga karena baru saja memangsa hewan lain,” kata Lisman, Selasa (11/4/2023).

Oleh karena itu, petugas Damkar Luwu Timur telah melakukan tindakan penangkapan dan evakuasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Ini sudah menjadi kali ketiga penangkapan ular piton yang dilakukan oleh Damkar Luwu Timur dari Januari sampai April 2023.

ADVERTISEMENT

Lisman menekankan bahwa Damkar Luwu Timur tidak hanya bertugas memadamkan kebakaran, namun juga membantu kendala-kendala yang dihadapi masyarakat. Petugas Damkar juga siap membantu dalam evakuasi hewan ternak dan hewan yang mengancam dan mengembalikannya ke habitat yang jauh dari permukiman warga. Lisman juga mengimbau masyarakat untuk menyimpan nomor call center Damkar Luwu Timur 0811-411-3247. (*)

ADVERTISEMENT