Dua Juri Puji Ainun, Samuel Cipta Terdepak di Panggung Spektakuler Top 10

301

JAKARTA — Kemampuan kontestan terus meningkat drastis di Indonesian Idol dari waktu ke waktu.Ini terlihat di Panggung Spekta Top 10, Senin malam (23/12).

Sepuluh finalis Indonesian Idol yang tampil malam tadi diantaranya Mahalini Raharja, Ziva Magnolya, Lyodra Ginting, Agseisa, Muhammad Raja Gianucca Putra, Tiara Anugerah, Novia Bachmid, Ainun Irsani, Mirabeth Sonia dan Samuel Cipta.

Dari 10 finalis tersebut, Samuel sayangnya harus terhenti karena mendapatkan hasil voting terendah. Dengan tersenyum dan tegar, dia menerima kekalahan dan berjanji akan terus bernyanyi dan berkarya.

Peserta paling muda di Indonesian Idol season X itu harus pulang Selasa (24/12/2019) dini hari. Samuel membawakan lagu Post Malone yang berjudul Better Now. Samuel seperti biasa bernyanyi dengan nada rendahnya yang khas. Beberapa dewan juri malam ini justru mengomentari performa Samuel bernyanyi diatas panggung yang terasa kurang maksimal.

Menurut Armand Maulana, Samuel masih berkutat di nada rendahnya saja. Butuh guru vokal khusus untuk membuat vokal Samuel menjadi tinggi lagi nada oktafnya.

“Nadanya kamu di situ-situ saja, kamu harus bertemu coach vokal untuk melatih oktaf kamu lebih tinggi lagi, sehingga sudah tinggi ritemnya agar kamu bisa serasi membawakannya,” papar Armand.

Senada dengan Armand Maulana, Bunga Citra Lestari yang mengaku menyukai seorang Post Malone, mengatakan,”pertama-tama penampilan Samuel perlu diapresiasi terlebih dahulu dalam membawakan lagu ini. Hanya beberapa pitch di bagian tertentu saat kamu bernyanyi menunjukan emosi kamu (Samuel) tidak stabil,” ucapnya.

Hal ini yang membuat Samuel di mata Bunga Citra Lestari Malam ini tampil agak tampil kurang baik. ” Aku suka Post Malone, terdengar sakral saat kamu membawakan lagu yang orang yang karakternya suaranya kuat. Pertama-tama aku apresiasi kamu membawakan lagu dari Post Malone. Kamu bisa se-smooth itu menyanyikan lagu batter now,” ungkap BCL.

“Masukanya sama seperti Armand Maulana, waktu kamu masuk chorus, emosi kamu tidak stabil, ada pitch dimana kamu harusnya stabil dan jauh lebih baik dari itu,” imbuh BCL lagi.

Dari sembilan kontestan yang lolos, dua penampil, Ziva dan Novia adalah yang paling mendapat aplause dewan juri.  Ziva yang kali ini membawakan lagu Peri Cintaku yang dipopulerkan oleh Marcell terlihat keren.

Sementara itu, Novia Bachmid sukses memukau penonton dan juri saat menyanyikan lagu Desert Rose yang dipopulerkan oleh Sting. Dia menyanyikan dua part sekaligus, Arab dan Inggris. Pujian dan standing ovation diberikan oleh kelima juri. Mereka terpukau dengan penampilan Novia.

“Itu tadi benar-benar spektakuler. Kamu memberikan kejutan dalam setiap penampilannya. Kontestan lain harus waspada. Aku suka eksekusi kamu menyanyikan lagu ini,” sebut BCL.

Ariel yang malam ini menggantikan Judika sebagai juri sangat kagum dengan penampilan Novia. Dia tak menyangka Novia akan membawakan dua part di lagu ini.

“Kamu nyanyinya luar biasa. Kamu bisa ambil dua-duanya suara Sting dan backingvokalnya,” ujar Ariel.

Sementara Ainun Irsani mendapat pujian dari Anang yang dikenal paling kritis diantara para juri.

“Kamu sudah kembali, kemampuan kamu di lagu ini jauh lebih baik dari penampilan kamu sebelumnya, ada emosi tapi kamu mampu menjaganya dengan baik,” ungkap Anang. Bunda Maia pun menimpali, “Palopo meski kota kecil tapi kamu sudah memberikan yang luar biasa, Palopo bergetar dengar suara kamu malam ini,” pujinya. (Iys)