Gandeng 14 Perusahaan Untuk Pembangunan RTH, Taman CCLT Akan Jadi Icon Baru Luwu Timur

1017
ADVERTISEMENT

Malili – Usai dilantik sebagai Bupati Luwu Timur pada Senin (5/4/2021) lalu. H. Budiman mulai mengerjakan sejumlah programnya agar bisa terwujud.

Salah satu programnya yakni membangun kota menata desa. Dalam programnya ini Bupati Luwu Timur mulai menggandeng belasan perusahaan yang beroperasi di Luwu Timur.

ADVERTISEMENT

Belasan perusahaan itu, nantinya akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten untuk pembangunan dan penataan ruang terbuka hijau (RTH).

Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengungkapkan jika sebanyak 14 perusahaan bersedia menjalin kerjasama untuk mewujudkan program pemerintah melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

ADVERTISEMENT

“14 perusahaan siap menjalin kerjasama dalam rencana penataan RTH berbasis CSR,” kata Bupati Luwu Timur, H. Budiman, kepada koranseruya.com, Kamis (20/5/2021).

Salah satu program pemerintah lanjut Bupati Luwu Timur, yakni rencana pembangunan RTH City Center Luwu Timur (CCTL). “Dalan proses pembangunnya ini nantinya didanai oleh PT. Vale TBK. Sementara untuk RTH Lapangan Merdeka pemerintah akan menggandeng Bank SulSelBar” bebernya.

Bupati Luwu Timur, Budiman mengatakan, Menurutnya, konsep taman CCTL ini sudah modern dan dibalut nuansa budaya. ramah anak dan disabilitas serta penataan cahaya taman juga harus diperhatikan.

“Kedepan, kalau taman ini selesai dibangun dan sesuai visualnya, maka CCLT ini akan menjadi icon baru daerah,” pungkas Budiman.

Sementara untuk wilayah desa, kata Budiman, pemerintah telah menyiapkan program 1 miliar 1 desa. Sehingga demikian program menata kota membangun desa bisa terwujud.

“Kami sudah siapkan program Rp 1 miliar 1 desa. Program Rp 1 miliar 1 desa untuk mengoptimalkan infrastruktur dan potensi masing-masing desa,” himbunya.

Berikut 14 perusahaan yang digandeng pemerintah dalam program RTH berbasis CSR:

1. PT. Vale Indonesia Tbk RTH CCLT
2. PT. Bank Sulselbar RTH Lap. Merdeka
3. PT. Perkebunan Nusantara XIV RTH Pinggir Sungai Malili Wilayah Wewangriu
4. PT. Bank Mandiri (Persero) RTH Tugu Adipura
5. PT. Citra Lampia Mandiri RTH Depan DLH
6. PT. Magatti Internasional RTH Depan DLH
7. PT. Mars Symbioscience Indonesia RTH Tugu Pertigaan Tarengge, Lapangan Gaswo dan Tugu Lalambate Tarantajo
8. PT. Mandiri Palmera Agrindo RTH Pinggir Sungai Malili Wilayah Wewangriu
9. PT. Pancaran Darat Transport
10. PT. Truba Jaga Cita RTH Kuburan Jepang
11. PT. Aneka Gas Industri Tbk
12. PT. Pegadaian (Persero)
13. PT. Bumi Maju Sawit RTH Pinggir Sungai Malili Wilayah Wewangriu dan
14. PT. Aneka Jasa Sorowako.

(Rah)

ADVERTISEMENT