Hadiri Rakor dengan Gubernur Sulsel, Judas Amir : Pemkot Palopo Punya Cara Atasi Arus Balik

79
Walikota Palopo, HM Judas Amir mengikuti Rakor dengan Gubernur Sulsel. (Foto : Kominfo Palopo)
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Walikota Palopo, HM Judas Amir, menghadiri Rapat Koordinasi bersama Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Rakor itu dilakukan di Baruga Pattingngalloang Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (5/5/2022) malam.

Walikota Palopo, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Palopo, punya cara sendiri dalam persiapan arus balik 2022. Ketua Nasdem Kota Palopo itu mengatakan, cara efektif untuk menangani arus balik dengan cara melakukan pendataan.

ADVERTISEMENT

“Pemerintah Kota Palopo melakukan pendataan kepada masyarakat yang datang melalui peran camat, lurah hingga RT/RW,” jelasnya.

Dengan pendataan tersebut Pemkot Palopo telah mengetahui siapa saja yang datang dan kapan jadwal mereka ingin kembali setelah lebaran.

“Jadi data kami mengetahui siapa saja yang datang mudik dan tanggal berapa mereka ingin kembali. Untuk itu kami akan mengimbau untuk keselamatan arus balik itu,” jelas Walikota.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan silaturahmi dihadiri Forkopimda Sulsel dan kepala daerah se-Sulsel. Plh Kadis Perhubungan Sulsel, Aruddini, dalam sambutannya mengimbau agar pemudik kembali lebih awal untuk menghindari kepadatan.

Selain itu, pemudik juga agar mengecek kondisi kendaraan dalam keadaan baik sebelum berangkat. “Pastikan BBM dalam keadaan penuh. Lalu pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan hindari pengemudi dalam keadaan ngantuk,” jelasnya.

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, inti dalam arus balik adalah keselamatan berkendara. Semua pihak tak ingin terjadi pengalaman-pengalaman pahit dari tahun ke tahun, dengan meningkatkan angka kecelakaan.

“Untuk itu, semua pemerintah daerah Bupati/Wali kota agar membangun sinergitas yang baik kepada Dishub, Polri maupun TNI untuk mengimbau langsung kepada masyarakat mengenai keselamatan arus balik 2022 ini,” jelasnya.

Andi Sudirman juga menyinggung soal vaksinasi dalam pertemuan tersebut. Dirinya mengapresiasi para kepala daerah yang telah bekerja keras untuk mengajak masyarakat agar melakukan vaksin mulai dari dosis I, II dan booster.

“Terutama kepada desa/lurah yang paham kondisi masyarakat. Yang tiap hari bersentuhan langsung dengan masyarakat. Peran kita semua sangat berpengaruh untuk pembangunan di Sulawesi Selatan,” tandasnya. (kominfo)

ADVERTISEMENT