Indah Vs Tokoh Lama, Ini Prediksi Tiga Paslon yang Nyalon di Pilkada Lutra

1295

MASAMBA-Tensi politik jelang Pilkada 2020 di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) kian menghangat. Hanya saja, sampai saat ini, belum ada kepastian siapa yang resmi bakal maju sebagai calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) di Pilkada Lutra, 23 September 2020 mendatang.

Memang terlalu dini untuk para kandidat mendeklarasikan pasangan calon saat ini untuk berlaga di kontestasi Pilkada serentak nanti, namun beberapa nama mulai di otak-atik publik layaknya “puzzle” untuk disusun dan dirajut untuk berpasangan di Pilkada Lutra.

Pertarungan di Pilkada Lutra bakal diikuti sejumlah sejumlah figur, bahkan mereka adalah mayoritas figur-figur lama yang sudah pernah bertarung di Pilkada tahun sebelumnya. Yang pasti, dua kandidat ini, Indah Putri Indriani dan Thahar Rum akan nyalon lagi. Duet Indah-Thahar dipastikan pecah kongsi dan bakal jadi rivalitas.

Kandidat lainnya, yakni Ketua Partai Gerindra Lutra, Arsyad Kasmar. Bahkan, Arsyad digadang-gadang bakal berduet dengan Anggota DPRD Lutra, Andi Sukma. Beberapa hari terakhir ini, duet Arsyad-Andi Sukma mewacana di Lutra, termasuk di media sosial.

BACA JUGA:  Diimingi Uang dan Durian, Dua Kakek di Walenrang Cabuli Anak Tetangganya yang Masih Belia

Foto Arsyad dan Sukma juga telah beredar di sejumlah media sosial seperti Facebook. Mereka mengusung tagline ‘Luwu Utara Tidak Boleh Miskin Lagi’. Paket ini bakal menjadi penantan Indah Putri Indriani, pada Pilkada 2020.

Khusus bagi incumbent, jauh-jauh hari sudah mewacana akan menggandeng kadis PUPR Lutra, Suaib Mansur. Apalagi, di Partai Golkar, Suaib satu-satunya kandidat bakal calon wakil yang mengikuti penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah.

Lantas, siapa digadang-gadang bakal berduet dengan Wakil Bupati Lutra saat ini, Thahar Rum? Ternyata, Thahar mewacana bakal berduet dengan Rahmat Laguni. Duet Thahar Rum dan Rahmat Laguni tagline-nya, duet Matahari.

Selain nama Rahmat Laguni, nama Baktiar Manadjeng juga sempat mewacana bakal jadi pendamping Thahar Rum. Bahtiar Manadjeng alias Batti adalah putra Desa Waetuo, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara. Sejak 2018, Batti menjabat pimpinan PT Syngenta Seed Indonesia Area Sulawesi dan Kalimantan.

BACA JUGA:  Kominfo Palopo Berdayakan Tim IT Lokal, Kelola Layanan Publik Berbasis Elektronik di Jajaran Pemkot

Namun belakangan, wacana duet Thahar Rum-Baktiar Manadjeng meredup. Satu pekan terakhir ini, yang menghangat adalah duet Thahar dan Rahmat Laguni.

Thahar Rum sendiri tak menampik jika dirinya akan berpaket dengan Rahmat Laguni. Bahkan, wacana duet Matahari diakui Thahar Rum atas keinginan masyarakat. “Insya Allah, Matahari. Ini menjawab keinginan masyarakat,” kata Thahar Rum.

Yang menarik, Arsyad Kasmar telah mengisyaratkan pasangannya adalah Andi Sukma. Duet Arsyad-Andi Sukma dikabarkan sisa menunggu restu partai politik. Kabarnya, kedua politisi ini telah melakukan pembicaraan dan sepakat berpasangan pada Pilkada yang akan dihelat 23 September nanti. Restu dan rekomendasi partai politik yang ditunggu keduanya dari Gerindra dan Hanura.

BACA JUGA: Calon Dokter Cantik Ini Dilamar Rp3 Miliar di Soppeng, Benarkah?

Arsyad yang dikonfirmasi KORAN SERUYA di Jakarta, membenarkan rencana dirinya bakal berpaket dengan Sukma, dan sisa menunggu rekomendasi partai. “Sudah ada pembicaraan dengan Andi Sukma. Kebetulan beliau keluarga. Kami tinggal menunggu restu partai,” kata Arsyad, Selasa (11/2/2020).

Sekadar diketahui, Arsyad merupakan seorang politisi sekaligus pengusaha yang cukup dikenal. Ia pernah dua kali mencalonkan diri sebagai calon bupati Luwu Utara. Yakni pada Pilkada Luwu Utara 2005 dan Pilkada 2010. Sedangkan, Andi Sukma merupakan anggota DPRD Luwu Utara tiga periode dari Partai Hanura.

BACA JUGA:  Belum Ada Tersangka, Begini Perkembangan Penyelidikan Kasus Dugaan Korupsi NUSSP di Palopo

Jika Gerindra dan Hanura berkoalisi, syarat tujuh kursi untuk mengusung calon sudah terpenuhi. Gerindra mengantongi tiga kursi dan Hanura mengontrol empat kursi.

Arsyad bahkan menegaskan, jika sudah ada restu partai, maka pihaknya akan segera mengadakan deklarasi. “Kami siap maju, bahkan siap menantang incumbent,” tegas Arsyad di Jakarta.

Lantas, bagaimana dengan kandidat lainnya? Ketua Pemuda Pancasila Luwu sekaligus pengusaha lokal Lutra, Andi Abdullah Rahim, ikut menyatakan siap maju bertarung di Pilkada Lutra. Nama Andi Rahim bahkan sempat disebut-sebut akan mendampingi Thahar Rum.

BACA JUGA: Video Detik-Detik Polisi Tangkap Pemerkosa Penyandang Disabilitas di Palopo, Tim Resmob Lepas Tembakan

Namun, secara tegas, Andi Rahim membantah kabar tersebut. Dia menyatakan jauh-jauh hari telah menyampaikan kepada masyarakat, bahwa dirinya akan maju Pilkada Lutra sebagai bakal calon bupati, bukan wakil bupati. Namun, sampai saat ini, belum ada wacana siapa yang bakal menjadi pasangan Andi Rahim maju Pilkada Lutra. Adik mantan Anggota DPR RI dari PKS ini, Andi Rahmat, masih menjajaki partai politik sebagai kendaraannya maju Pilkada. (*/cbd)