Ingin Memanfaatkan Pekarangan Rumah? DPKP Luwu Timur Siapkan Fasilitas Budidaya Ikan Tawar Secara Gratis

519
Kepala Dinas Perikanan, Kelautan dan Pangan Kabupaten Luwu Timur, Alimuddin Natsir/foto-Heri Koranseruya
ADVERTISEMENT

LUWU TIMUR – Progam 3 malam di kecamatan, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perikanan Kelautan dan Pangan (DPKP) Luwu Timur siap memfasilitasi masyarakat yang ingin berbudidaya ikan tawar menggunakan bioflok.

Kepala DPKP Kabupaten Luwu Timur, Alimuddin Natsir mengatakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat guna mendorong agar masyarakat bisa kreatif dan memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai tempat produktif untuk ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan di tengah pandemi Corona (Covid-19)

ADVERTISEMENT

Menurutnya berbudidaya ikan tawar ini tergolong mudah untuk dilakukan, jika masyarakat mau untuk mengembangkan budidaya ikan tawar ala rumahan tersebut.

Sebab kata dia, pemerintah telah menyiapkan puluhan ribu ekor bibit ikan tawar berbagai jenis seperti lele, nila, dan gurami, selain itu kolam tempat pemeliharaan (bioflok) juga disiapkan secara gratis.

“Bibit ikan dan wadah tempat pemeliharaan atau bioflok dan pakan kita siapkan,” Jelasnya, Senin (7/2/2022).

Lebih lanjut proses budidaya ikan tawar ini, kata dia hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja sudah bisa dipanen.

Sementara, yang ingin membudidayakan ikan tawar syaratnya masyarakat hanya perlu membentuk kelompok yang jumlahnya minimal 10 orang.

“Ini tidak dikhususkan untuk nelayan tetapi semua kalangan bisa mendapatkan fasilitas ini, dengan catatan memiliki kelompok yang berjumlah minimal 10 orang,” Ungkapnya.

Diketahui, saat ini Bupati Luwu Timur, H. Budiman telah melaksanakan program 3 malam di kecamatan, hal ini dilakukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. (Rah).

ADVERTISEMENT