KHUSUS PEREMPUAN! Biar Payudara Tidak Kendur, Lakukan 6 Langkah Ini…

639
ILUSTRASI
ADVERTISEMENT

PAYUDARA merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatan dan keindahannya oleh setiap perempuan. Sebab, payudara bisa memberikan pengaruh signifikan terhadap tubuh dan rasa percaya diri pada perempuan.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Sayangnya, banyak perempuan mengalami masalah terkait bentuk payudara yang dimiliki, seperti payudara kendur atau yang juga dikenal dengan istilah sagging breast. Payudara kendur sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal; misalnya penurunan berat badan yang mendadak, menyusui, penuaan, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Sebetulnya, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan mencegah payudara kendur. Apa saja? Dilansir dari kumparanWOMAN, berikut 6 tips supaya payudara tidak kendur.

1. Gunakan bra yang tepat

ADVERTISEMENT

Michael Edwards, seorang ahli bedah payudara dan presiden di American Society for Aesthetic Plastic Surgery, menyebut bahwa salah dalam memilih bra bisa menyebabkan payudara menjadi kendur.

“Karena payudara yang sering memantul (disebabkan salah dalam memilih ukuran atau jenis bra), bisa menyebabkan jaringan ikat semakin meregang dan mengendur,” kata Edwards saat diwawancarai Women’s Health.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Karena itulah, Edwards menyarankan kita untuk menggunakan bra yang sesuai dengan bentuk serta ukuran payudara yang dimiliki. Apalagi saat berolahraga, Edwards juga menyarankan Anda untuk menggunakan sport bra yang tepat untuk mencegah payudara meregang akibat gerakan yang aktif.

2. Gunakan tabir surya

Selanjutnya adalah mengaplikasikan tabir surya di area payudara. Menurut Edwards cara ini bisa mencegah atau menghindari terjadinya pengenduran pada payudara.

“Sama seperti wajah, payudara yang tak dilindungi dengan lapisan pelindung tabir surya juga bisa menyebabkan keriput dini dan payudara menjadi kendur. Hal ini dikarenakan sinar UV yang memecah kolagen dan merusak jaringan kulit,” lanjut Edwards.

3. Tidurlah dengan posisi yang tepat

Ternyata posisi tidur yang tidak tepat juga bisa menyebabkan payudara Anda cepat kendur. Salah satu posisi tidur yang tidak disarankan adalah tengkurap karena bisa membuat kulit Anda cepat meregang dan mengurangi elastisitas.

Namun, jika Anda terbiasa tidur dengan posisi ini, cobalah untuk meletakkan bantal di bawah payudara saat tidur untuk mencegah payudara cepat mengendur. Selain itu, cobalah untuk tidur dalam posisi lain, seperti tidur dengan posisi telentang misalnya.

4. Berhenti merokok

Jika Anda perokok aktif, cobalah untuk berhenti merokok. Pasalnya, racun-racun dan kandungan berbahaya yang ada di rokok bisa memengaruhi bentuk payudara.

“Merokok bisa mempercepat proses penuaan. Penuaan sendiri bisa menyebabkan jaringan (termasuk ligamen payudara) kehilangan kekencangannya. Secara khusus, merokok juga bisa mempercepat penuaan dengan menghancurkan elastin atau protein yang membantu kulit tetap kenyal,” kata Edwards.

5. Atur berat badan Anda

Payudara kendur ternyata bisa disebabkan oleh penurunan atau penambahan berat badan yang sangat drastis. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda disarankan untuk mempertahankan berat badan yang seimbang secara konsisten. Menurut Edwards, cara ini bisa mencegah payudara kendur serta membuat payudara Anda lebih kencang.

6. Minum air putih secara rutin

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Dietary Water Affects Human Skin Hydration and Biomechanics, mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter per hari bisa membantu Anda menjaga kekencangan kulit secara alami. Masih dalam studi yang sama, peningkatan asupan air juga bisa meningkatkan elastisitas serta mengurangi kekeringan dan peregangan pada kulit, yang jadi penyebab payudara kendur. (anggi)

ADVERTISEMENT