KPU Sulsel Panggil Khusus Komisioner KPU Luwu Utara, Ada Apa?

713
ADVERTISEMENT

MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel), memanggil khusu Komisioner KPU Luwu Utara.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Pemanggilan tersebut, terkait proses pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara belum lama ini.

ADVERTISEMENT

Dilansir Koranseruya.com dari Fajar.co.id, anggota KPU Sulsel, Misna M Attas, mengatakan jika pihaknya memanggil komisioner KPU Utara untuk mendapat penjelasan utuh terkait proses pemeriksaan bakal calon Bupati Luwu Utara, Thahar Rum.

Dia menyebutkan, bahwa selain komisioner KPU Luwu utara, pihaknya juga memanggil Komisioner KPU Barru, untuk mengkonfirmasi kasus bakal calon wakil bupati Andi Mirza Riogi dinyatakan positif narkoba.

ADVERTISEMENT

“Termasuk kasus Pak Tahar Rum (bakal calon Bupati) di Luwu Utara. Ini baru pertama kali terjadi. Hari ini komisionernya kami panggil untuk dapat penjelasan utuh,” katanya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika pihaknya akan meminta KPU Lutra untuk berkoordinasi dan melakukan konsultasi dengan pihak RS. Status bakal calon tersebut menurutnya belum ada.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

”Apakah memenuhi syarat atau tidak, belum ada statusnya karena tidak diperiksa (kesehatan),’ katanya.

Sementara itu, terkait Bapaslon yang terpapar Covid-19, masih diberi waktu pemulihan beberapa bari ke depan. Hal itu tertuang didalam regulasi khusus pada Pilkada 2020 ini.

Komisioner KPU Sulsel lainnya, Asram Jaya mengatakan, khusus kasus di Barru sudah diputuskan diskualifikasi merujuk hasil pemeriksaan BNNP pada seluruh bakal calon.

”Sisa kita mau koordinasi bagaimana mekanisme pergantiannya, dan bagaimana kalau ada parpol yang mengalihkan usungan,” tandasnya.

Asram megakui, sudah memanggil KPU Lutra dan Barru membahas hal tersebut. Hingga berita ini tayang, belum ada komisioner KPU Luwu Utara yang memberikan konfirmasi. (*/Sya)

ADVERTISEMENT