Lebih Dekat dengan Andi Maryam: Akrab dengan Karyawan Hingga Dianggap Kakak

781
Andi Maryam Muhammad Nur Palullu
ADVERTISEMENT

SOSOK yang satu ini sangat familiar di Perusahaan Umum Daerah Tirta Mangkaluku (Perumda TM) Kota Palopo. Bukan apa-apa, Andi Maryam Muhammad Nur Palullu
salah satu direksi di BUMD milik Pemkot Palopo tersebut.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Meski memiliki jabata tinggi di Perumda TM Kota Palopo, Andi Maryam begitu akrab dengan karyawannya. Seakan tak ada sekat, semua karyawan diperlakukan sama sehingga sosoknya dianggap sebagai kakak oleh para karyawannya, terutama di devisi keuangan.

Saking akrabnya dengan karyawan, rumah penyuka bunga anggrek ini tidak pernah sepi. Hampir setiap hari banyak karyawan selalu datang berkunjung. Bahkan, ketika ada karyawannya sakit, Andi Maryam tidak akan tenang jika tidak menjenguknya.

“Bagi saya, karyawan adalah teman, sahabat. Mereka adalah aset perusahaan yang harus dijaga dan diberi ruang untuk berkarya,” kata Andi Maryam, belum lama ini di ruangan kerjanya kepada KORAN SERUYA.

ADVERTISEMENT

Menempati posisi yang cukup vital di Perumda TM Palopo, menuntutnya untuk terus memperkaya ilmu dan wawasan dalam hal tata kelolah keuangan perusahaan, tidak cukup dengan ilmu yang telah didapatnya melalui pendidikan formal maka berbagai pelatihan dan kursus yang diselenggarakan baik oleh lembaga pemerintah maupun swasta yang telah diikutinya.

Dengan posisinya ini sudah barang tentu menambah volume kesibukannya yang cukup tinggi maka tidaklah mengherankan jika seringkali ia pulang kantor larut malam. Namun hal yang paling disyukurinya adalah dukungan dari keluarga khususnya sang suami tercinta, yang senantiasa mensupport sekaligus memberi ruang untuk senantiasa berkarya.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Adalah Ismail Muhammad Ali yang menjadi pendamping hidup wanita yang juga sempat meniti karir di salah satu perusahaan BUMN ini. Seorang lelaki dengan setia
dan sabarnya senantiasa mendampingi sang istri mulai dari titik nol hingga akhirnya sampai ke apa yang dicita-citakannya selama ini.

Namun di penghujung tahun 2019, hal yang paling menyedihkan bagi Andi Maryam ternyata waktu terakhir baginya bersama sang suami tercinta di muka bumi ini, Ismail Muhammad Ali telah berpulang ke Rahmatullah.

Dengan kepergian sang suami adalah hal yang paling tersulit bagi Andi Maryam. Namun dengan penuh keikhlasan, ia berusaha untuk tetap tegar mengingat
keberadaannya yang dibutuhkan oleh banyak orang untuk senantiasa berbuat yang terbaik.

Di usianya yang kini telah menapaki kepala empat, wanita kelahiran Kota Makassar 7 Maret 1979 yang saat ini menduduki posisi sebagai Direktur Bidang Umum dan
Keuangan, masih berencana untuk melanjutkan studynya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Namun saat ini dia masih berkonsetrasi pada posisi yang diamanahkan
padanya.

“Bagi saya menuntut ilmu itu tak ada batasan ruang dan waktu hingga ajal menjemput,” ungkap Andi Maryam, belum lama ini, di ruangan kerjanya.

IDENTITAS DIRI:

* Nama Lengkap : Andi Maryam M.N.P., SE., M.Ak
* Tempat Tgl Lahir : Ujung Pandang, 07 Maret 1979
* Jenis Kelamin : Perempuan
* Alamat Rumah : Jln Veteran No. 105 Kota Palopo Prov. Sul-Sel
* HP/e-mail : 082190362488 / andimaryam170@yahoo.co.id

IDENTITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

PENDIDIKAN FORMAL:
* SD Sekolah Dasar No. 84 Kota Palopo Tamat Tahun 1991
* SLTP SMP Negeri 1 Kota Palopo Tamat Tahun 1994
* SLTA SMA Negeri 1 Kota Palopo Tamat Tahun 1997
* PT. (S.1) Ekonomi Manajemen Universitas Muslim Indonesia Tamat Tahun 2002
* PT. (S.2) Magister Akuntansi Universitas Muslim Indonesia Tamat Tahun 2012

PELATIHAN:
* Pelatihan Bimtek “Bantuan Manajemen Pengelolaan Keuangan PDAM” (Kementerian Pekerjaan Umum).
* Diklat “Keuangan Perusahaan” (Pusat Pengembangan akuntansi dan Keuangan), sebagai peserta terbaik ketiga.
* Pelatihan SAK-ETAP (DPD Perpamsi Sulsel dan Sulbar dengan perwakilan BPKP Prov. Sul-Sel).
* Seminar Nasional Akuntansi “Penyusunan Laporan Keuangan berbasis SAK-ETAP dan PSAK yang berlaku efektif tahun 2012 dan implikasi terhadap perpajakan di
Indonesia (Indonesian Management Centre/IMAC)”.
* Training “Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah/BUMN/BUMD dan kiat-kiat dalam menghadapinya (Pusdiklat Perpamsi DPD Kalimantan Barat.
* Pelatihan Ahli Manajer.

(tari)

ADVERTISEMENT