Lima Es Kopi Susu Kekinian Paling Hits di Palopo, Kalian Suka yang Mana Nih?

722
ADVERTISEMENT

PALOPO–Trend kuliner kian cepat berkembang, terutama minuman yang kedainya semakin menjamur di kota idaman, Palopo, Sulawesi Selatan.

Setelah kuliner hype seperti green tea, thai tea, red velvet, martabak samyang hingga bola ubi, kini pecinta kuliner disuguhkan berbagai macam pilihan es kopi susu.

ADVERTISEMENT

Minuman kopi kekinian itu memang happening dan sedang menjamur di media sosial.

Ada banyak pilihan dari kedai kopi yang beraneka rupa dan semakin marak saja.

Berikut 5 rekomendasi pilihan es kopi susu paling enak khusus di kota Palopo, versi Koran Seruya!

1. Figura Kopi

Jika di Jakarta terkenal dengan Kopi Tuku yang pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi, maka Palopo juga gak mau kalah loh.

Di kota idaman ini, ada salah satu kedai kopi susu kekinian yang cukup hits, meskipun belum pernah dikunjungi Presiden Jokowi, hihihi.

Di Kedai Kopi Figura Kopi, ada menu es kopi susu andalan. Namanya Banira.

Kenikmatan perpaduan kopi dan creamy vanilla-nya diklaim sangat pas buat menemani hari-harimu yang sibuk atau mungkin gabut.

“Untuk kopi susu mix Arabika dan Robusta. Untuk espresso based di kedai kita pakenya House Blend,” kata Muh. Arifin, salah satu barista yang juga owner Figura Kopi.

Selain es kopi susu, kita juga menyediakan kopi single original kak, full Arabika dari berbagi daerah seperti Toraja, Enrekang, Malino dan Bali Kintamani, di kedai juga tersedia menu based filter seperti V60, Japanesse Iced dan Tubruk Arabika, jelasnya lagi.

“Untuk es kopi yang recomended ada Es Kopi Banira dan Mokutan kak. Banira basicnya dari vanilla dan Mokutan basicnya dari charcoal/arang, kak,” terang Arifin lewat pesan chat di official instagram kedai kopi itu.

Kedai Figura Kopi terletak di Jalan Anggrek/Latamacelling, dekat kampus Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) atau depan sebuah sekolah dasar Islam.

Di kedai ini, pengunjungnya rata-rata pelajar dan mahasiswa serta karyawan swasta.

Selain menjual langsung (offline) kedai ini juga menjual secara online via kurir atau ojek online yang khusus melayani kuliner.

Harga rata-rata minuman di tempat ini lumayan terjangkau, hanya Rp15 ribu per cup.

Lokasi Google Maps: klik disini

2. Gerobak Jomblo Tea and Coffee

Gerobaknya unik, berwarna cokelat tua. Namanya Jomblo Tea and Coffee. Letaknya di Jalan Andi Kambo ex Jalan Merdeka, Wara Timur, dekat dari Hotel Value, Palopo.

Pemiliknya yang kebetulan masih jomblo bernama Andra Prayoga, remaja yang blasteran Sunda, Jawa dan Palopo.

Di kedai gerobaknya yang buka saban jam 4 sore itu, es kopi aren atau Kopasus, adalah menu andalan yang paling banyak diburu konsumen.

Maklum, harganya cuma Rp12 ribu. Tidak sebanding dengan kenikmatannya yang luar biasa dan menyegarkan tubuh. Wih!

“Rata-rata bisa habis 30 cup per hari saja itu sudah Alhamdulillah. Harganya juga terjangkau, minuman di kedai kami, cuma 10 ribu hingga 12 ribu,” ucap pria yang hobi travelling itu.

Selain es kopi aren Kopassus, di gerobak tepi jalan, Jomblo Tea and Coffee juga menyediakan minuman segar lainnya misalnya Taro, red velvet, green tea, lemon tea, thai tea dan lainnya.

Bagi anda yang berminat, ada layanan pesan antar-nya juga, sila hubungi nomor whatsapp, 0852-4285-8456 dengan minimum order dan khusus dalam kota Palopo, area Wara, Wara Utara dan Wara Timur saja.

3. Epilog Kopi

Letaknya di Jalan Yusuf Arif No. 27, Kota Palopo. Kedai kopi yang satu ini dekat dari Taman Baca dan Telkom.

Es Kopi andalannya adalah es kopi Ashoy.  Harganya pun cukup murah, cuma 15K.

“Di sini semua andalan kak….
Tapi yang best seller itu ada es kopi Ashoy sama es kopi Kara, kak.
Kalo es kopi Ashoy itu pake gula aren, sedangkan es kopi Kara itu pake karamel,” jelas Imam Ghasali, sang owner saat dihubungi.

Es kopi kekinian milik kedai yang satu ini memang mulai ramai diatas jam 5 sore ke atas, di saat remaja dan para pecinta kuliner sedang santai menikmati suasana senja, atau malam hari, dimana konsumennya yang rata-rata anak muda itu mulai ngumpul dan asyik bercengkrama bersenda gurau.

Bukan hanya minuman beraroma kopi, tapi minuman beraroma teh, seperti lemon tea, green tea atau thai tea juga tersedia disini.

4. Kedai Janji Jiwa 

Minuman andalan di tempat ini adalah es kopi susu yang harganya Rp18 ribu per cup. Selain minuman dingin segar lainnya.

Diantaranya, Americano, Susu Matcha, Caramel Latte, dan Soklat.

Menurut owner kedai Janji Jiwa yang terletak di Jalan Andi Djemma, di parkiran Toko Centro di kota Palopo ini, es kopi susu adalah menu andalan di kedai yang buka sejak jam 10.00 hingga malam jam 23.00 WITA tersebut.

Selain menjual minuman, di kedai itu juga menjual makanan ringan seperti kentang goreng (French fries), chicken dan sejenisnya.

5. Finare Es Kopi Aren

Namanya es kopi aren Finare. Finare adalah kedai minuman kekinian, yang berada di pinggir jalan poros, di Jalan Andi Djemma Palopo, depan kantor salah satu koran harian di kota ini.

Kedai kafe ini menjual beragam minuman diantaranya, red velvet hot, greentea Finare, happy berry lemonade, regal dan lainnya.

Namun yang paling terkenal adalah kopi susu kekiniannya yang bernama es kopi aren Finare.

Nah, biji kopi yang dipakai di Finare ini merupakan Biji Kopi dari Seko Luwu Utara.

Untuk harganya, bisa dibilang harga kopi di Finare masih relatif murah.

Kopi kekinian di sini dijual seharga  rata-rata Rp15.000.

Koran Seruya sendiri belum pernah kesini, tapi menurut beberapa narasumber, rerata penggemar kopi amat menyukai kopi di tempat ini, selain harganya terjangkau juga rasanya yang lembut dan tentu nikmat.

Nah, dari kelima kedai tadi, kalian lebih suka nongkrong di kedai yang mana?

Es Kopi Susu Oreo di Biola Cafe. (Foto: Instagram Biola Cafe)

Redaksi Koran Seruya juga merekomendasikan Biola Cafe yang terletak di Jalan Andi Djemma, depan kantor Walikota Palopo loh.

Tempatnya asyik, dan harganya juga terjangkau. Mulai dari Rp8 ribuan untuk kopi hitam dan Rp15 ribuan untuk eneka es kopi susu serta es kopi susu Oreo.

Selain menikmati minuman segar, kalian juga bisa karaoke-an, karena disini tuh alatnya lengkap, sambil nge-Wifi juga bisa sambil kerja tugas kampus atau sekolah.

Gak percaya, yuk buruan cobain es kopi susu di Biola Cafe yah…

(*)

 

 

ADVERTISEMENT