Menparekraf Sandiaga Uno akan Kunjungi Desa Matano, Budiman: Semoga Bawa Dampak Positif Kemajuan Pariwisata Lutim

81
Bupati Lutim, H. Budiman meninjau gladi persiapan yang dimulai dari Pantai Molino Sumasang, Desa Sorowako hingga ke Desa Matano, Sabtu (10/9/2022).
ADVERTISEMENT

MALILI–Menteri Pariwisata, Ekonomi, Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno akan berkunjung ke Desa Matano, Kabupaten Luwu Timur, dalam rangka visitasi desa wisata sekitar pertengahan bulan September 2022 ini. Jelang kunjungan Sandiaga Uno ke Lutim, Bupati Lutim, H. Budiman mengadakan gladi persiapan yang dimulai dari Pantai Molino Sumasang, Desa Sorowako hingga ke Desa Matano, Sabtu (10/9/2022).

Kegiatan visitasi ini merupakan agenda Menparekraf karena terpilihnya Desa Matano sebagai salah satu nominator dalam 50 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

ADVERTISEMENT

Turut hadir dalam gladi tersebut, Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty, Sekertaris Daerah, H. Bahri Suli, Kajari Luwu Timur, Muhammad Zubair, Kadis Parmudora, Andi Tabacina Akhmad dan beberapa Kepala OPD, Kapolsek Nuha, Camat Nuha, Kepala Desa dan Perwakilan Kerukunan Keluarga Rahampu’u Matano (KKRM).

Kadis Parmudora, Andi Tabacina menjelaskan, Provinsi Sulawesi Selatan adalah peserta ADWI terbanyak se-Indonesia. Dan Luwu Timur adalah peserta ADWI terbanyak se-Indonesia dengan 60 Desa di Luwu Timur yang mengikutinya. Hingga pada saat seleksi 50 besar, Desa Matano terpilih sebagai salah satu dari empat desa di Sulawesi Selatan bersama dengan Desa Barania (Kab. Sinjai), Desa Kampung Kambo (Kota Palopo), dan Desa Campaga (Kab. Bantaeng).

ADVERTISEMENT

Diawal gladi, Bupati Budiman bersama rombongan diberikan pengarahan dan penjelasan oleh kadis Parmudora terkait agenda visitasi, diantaranya adalah menggunakan rompi pelampung selama perjalanan di perahu raft sebagai tindakan safety dan melakukan pembayaran akomodasi raft dengan kode qris yang bertujuan untuk memudahkan wisatawan dalam melakukan transaksi pembayaran secara non tunai. Selain itu, juga ditampikan beberapa aksi-aksi yang akan diperagakan selama perjalanan nantinya.

Selama diatas perahu raft, Tour guide yang juga merupakan warga desa Matano memberikan gambaran umum tentang kawasan Danau Matano kepada rombongan. Hal ini bertujuan agar para pengunjung mengetahui latar belakang sejarah dan tradisi budaya yang ada di sekitar Danau Matano beserta unsur sosiologis dan geografisnya.

Ditemui seusai gladi, Bupati Budiman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak pengelola Desa Wisata Matano bersama dengan Dinas Parmudora dan stakeholders yang telah berusaha semaksimal mungkin hingga terselenggaranya kegiatan visitasi ini.

“Alhamdulillah, gladi hari ini berjalan dengan baik dan lancar, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi namun saya berharap masih bisa kita lengkapi lagi hingga waktu visitasi tiba. Mudah-mudahan hingga hari-H nantinya bisa lancar dan sukses sesuai harapan kita semua. Semoga dengan kehadiran Bapak Sandiaga Uno memberikan dampak positif di sektor pariwisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Luwu Timur terkhusus di Desa Wisata Matano,” harap Budiman.

Berdasarkan agenda yang disiapkan oleh pihak penyelanggara, lokasi yang direncanakan dalam agenda Visitasi Menparekraf, Sandiaga Uno adalah Pantai Molino, Pulau Bure, Wisata Sungai Laa Waa, Bengkel Pandai Besi Desa Matano, Galeri Pusaka Gamara serta Wisata Bura-Bura. (rls)

ADVERTISEMENT