Pandemi Covid-19, Jumlah Pengunjung MPP Turun 50 Persen, DPMPTSP Palopo Bagi Shift Pegawai

181
Keadaan di MPP yang dikelola DPMPTSP Palopo sebelum datangnya virus Corona. (Foto: Iccank)
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA–Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kota Palopo di masa pandemi Covid-19 tetap menjalankan aktifitas seperti biasanya.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Tak ada hal yang berubah, selain perubahan protokol penerimaan permohonan perijinan dan pengurusan surat-surat penting di Mal Pelayanan Publik yang usianya baru hampir setahun itu.

Hal ini disampaikan Plt Kepala DPMPTSP Palopo Muslimin Hasyim SE saat dihubungi Koran Seruya melalui Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Pengaduan Perizinan, Susilowati S.Sos, Senin 6 April 2020.

Dijelaskan Susilowati, untuk layanan tetap buka seperti biasanya, dari pagi pukul 08.00 hingga sore jam 16.00 Wita.

ADVERTISEMENT

“Yang berubah hanya protokol penerimaan saja, petugas yang biasanya hingga 8 orang menjadi hanya 4 orang, kami atur dalam bentuk shift-shift,” terangnya.

Untuk pembagian tugas, lanjut Susilowati, dibagi shift per kelompok, yakni 4 orang hari ini dan on-off secara bergantian, dan bagi yang sedang off menggunakan sistem “work from home”. Selain itu, pengunjung juga dibatasi dengan mengatur jarak saat berada di Mal Pelayanan Publik yang dikelola DPMPTSP Palopo.

BACA JUGA: Desakan Lockdown Diaspirasikan Sejumlah Tokoh, Walikota Palopo Setuju, Tapi Ini Usulannya

Diketahui, DPMPTSP Palopo selama bulan Maret atau saat wabah virus Corona mulai masuk ke Indonesia dan sesuai surat edaran pemerintah untuk melakukan Sosial Distancing, diakui Susilowati terdapat penurunan jumlah pengurusan perijinan, misalnya IMB maupun layanan lainnya.

Penurunan ini, kata dia, tidak berpengaruh pada kinerja DPMPTSP Palopo secara keseluruhan, hanya saja memang masyarakat tidak lagi terlalu banyak yang datang dan bergerombol di MPP secara fisik, karena semua layanan lebih banyak menggunakan media daring (online) di laman dpmptsp.palopokota.go.id.

“Memang ada penurunan semenjak adanya Social Distancing, tetapi ini tidak berpengaruh kepada pelayanan kami, sektor penerimaan mungkin yang agak berkurang tetapi kita tetap optimis dengan sistem ini, segala kebutuhan dan pelayanan kepada masyarakat tetap kita prioritaskan,” tandas Susilowati.
Rekapitulasi Layanan DPMPTSP Tahun 2020:

Januari: 578 izin

Februari: 1301 izin

Maret: 619 izin (Penurunan rata-rata di Bulan Maret 47,57%)

(iys)

ADVERTISEMENT