Seberapa Penting Memiliki Asuransi Mobil? Inilah Jawabannya!

65
Ilustrasi.
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA — Memiliki asuransi sebagai salah satu upaya proteksi finansial. Kewajiban membayar premi kepada perusahaan asuransi menjadi cara untuk mendapatkan ganti atas risiko kerugian.

Bentuk risiko kerugian dapat berupa rusaknya kendaraan karena kecelakaan atau penyebab lain, sakit yang mengharuskan rawat inap dan pengobatan dengan biaya yang banyak, ataupun saat harus kehilangan anggota keluarga karena meninggal. Sehingga penting untuk cari tahu asuransi lebih lanjut.

ADVERTISEMENT

Jenis-jenis asuransi sendiri ada banyak. Ada asuransi kesehatan yang terbagi dalam kategori asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap maupun rawat jalan, asuransi hospital cash plan, asuransi penyakit kritis, asuransi karyawan, serta asuransi kesehatan tambahan.

Kemudian, ada asuransi jiwa yang terbagi dalam asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna, serta asuransi jiwa unit link. Selanjutnya, ada asuransi mobil dan manfaat perluasannya yang terdiri dari dua jenis, asuransi All Risk serta asuransi Total Loss Only.

ADVERTISEMENT

Asuransi sendiri memiliki prinsip-prinsip dasar. Ada prinsip insurable interest, utmost good faith, proximate cause, indemnity, subrogation, serta contributon.

Kemudian, untuk bentuk-bentuk perusahaan asuransi secara umum terbagi dalam tiga jenis, meliputi perusahaan asuransi umum, asuransi jiwa, dan reasuransi.

ADVERTISEMENT

Pilih Asuransi Syariah atau Konvensional?

Ada pilihan yang tersedia, asuransi syariah dan asuransi konvensional. Manakah yang mau Anda pilih? Berikut ini adalah perbedaannya:

  • Pengelolaan Risiko dan Dana di Asuransi Syariah

Asuransi syariah memiliki pengelolaan risiko saling menjamin, tolong-menolong, serta bekerja sama melalui dana hibah. Prinsip yang dipakai adalah berbagi risiko.

Sedangkan untuk pengelolaan dana asuransi syariah bersifat transparan serta digunakan untuk kebaikan dari pemegang polis.

  • Pengelolaan Risiko dan Dana di Asuransi Konvensional

Asuransi konvensional menerapkan sistem transfer of risk. Risiko pemegang polis dibebankan perusahaan asuransi. Kemudian untuk pengelolaan dana sifatnya tertutup.

Perusahaan berhak menentukan jumlah dari premi maupun biaya yang lain. Sehingga keuntungan yang diperoleh hanya dapat dinikmati oleh perusahaan asuransi konvensional tersebut.

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil

Anda akan menerima manfaat berdasarkan dari jenis asuransi mobil yang dipilih. Untuk itu, ketahui lebih lanjut manfaat asuransi mobil berikut ini:

1. Manfaat Asuransi TLO

Asuransi TLO atau asuransi Total Loss Only memiliki manfaat nilai ganti rugi lebih dari 75 persen dari harga beli mobil Anda. Ini juga berlaku untuk kejadian mobil hilang.

Sehingga baik mobil dalam kondisi rusak ataupun hilang karena dicuri orang, sama-sama akan menerima ganti rugi.

2. Manfaat Asuransi Comprehensive

Asuransi Comprehensive ini dikenal juga dengan asuransi all risk. Ganti ruginya mencakup seluruh kerusakan. Artinya, apapun kerusakan yang terjadi pada mobil Anda seperti lecet atau rusak parah akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Manfaat Jaminan Asuransi Mobil untuk Anda Ketahui

Manfaat memiliki asuransi mobil tidak cukup yang sudah disebutkan sebelumnya. Anda juga perlu mengetahui manfaat jaminannya sebagai berikut:

1. Asuransi Mobil Basic

Asuransi mobil ini adalah manfaat yang akan Anda terima sesuai dengan yang sudah tercantum pada polis asuransi mobil murni. Dengan catatan tanpa adanya perluasan.

Seperti layanan derek, emergency roadside assistance, new for old, garansi perbaikan mobil di bengkel, tunjangan transportasi, pencurian yang dilakukan sopir pribadi, personal effect, hingga perlengkapan nonstandard.

2. Asuransi Mobil Perluasan

Asuransi mobil dengan jaminan tambahan berdasarkan dari risiko yang tidak termasuk di dalam polis asuransi mobil Anda. Manfaat ini dapat dilengkapi dengan polis asuransi mobil. Anda tinggal membelinya bersamaan dengan membeli polis asuransi mobil.

Bentuk klaim yang dapat Anda lakukan pada manfaat jaminan asuransi ini berdasarkan dari risiko seperti banjir, sabotase, gempa bumi, huru-hara, bengkel resmi, kecelakaan diri, medical expenses, tanggung jawab hukum terhadap penumpang, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis asuransi termasuk manfaat dari asuransi mobil, pastikan kendaraan roda empat yang dimiliki segera diasuransikan. Membeli jenis polis asuransi mobil kini tersedia dengan penawaran yang menarik.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kondisi finansial yang terganggu jika sewaktu-waktu mobil mengalami masalah. Mengapa?

Karena mobil Anda sudah memiliki asuransi di perusahaan asuransi sebagai tempat yang tepat. (***)

ADVERTISEMENT