Sholat Ied di Masjid Agung Palopo, Walikota : Zakat Pembersih Harta, Mensucikan Hati

60
Walikota Palopo, HM Judas Amir. (Foto : Pemkot Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Walikota Palopo, HM Judas Amir melakukan sholat Idulfitri di Masjid Agung Palopo. Judas Amir menyampaikan sambutan sebelum pelaksanaan sholat Ied, Senin (2/5/2022).

“Mari kita menguatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama, demikian juga dengan Ibadah zakat menjadi pembersih Harta dan mensucikan hati dan jiwa kita dari sifat-sifat tercela,” ujar Judas Amir

Walikota Palopo dua periode itu juga mengatakan ibadah puasa pada bulan Ramadan mengajarkan tentang pengendalian diri.

“Hal ini penting di era digitalisasi dan keterbukaan informasi, dengan kemampuan pengedalian diri maka kita mampu menghindarkan diri dari prasangka buruk, perilaku yang suka menyebar fitnah dan berita bohong (hoax), menggunjing dan mencela orang lain. Dengan kemampuan pengendalian diri kita lebih mendahulukan upaya klarifikasi, cross check atau tabayyun saat menerima informasi yang tidak diyakini kebenarannya,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Pelaksanaan Sholat Id, dipimpin H Syahruddin Ali dan Khutbah Idul Fitri Dr HM Rusyidi Hasyim.

Dalam penyampaian khutbah, diberikan beberapa nasehat untuk umat. “Bagaimana kita melakukan pengawasan melekat dalam kehidupan ini, ramadan telah mendidik kita untuk peduli dan menjadi hamba Allah yang mempunyai sifat dermawan,” kata Rusyidi Hasyim.

“Hidup ini hanya sebentar saja, bahwa ketika naungan Allah dibutuhkan, maka yang bisa menaungi manusia adalah sedekah,” sambungnya.

Turut hadir tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan masyarakat kota Palopo. (kominfo)

ADVERTISEMENT