Tersebar di Tiga Kabupaten, 1.159 Mahasiswa UNCP Palopo Bakal Laksanakan KKN-T

98
Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) melaksanakan Pembekalan Umum dan Pembekalan Khusus Bagi Mahasiswa, Selasa (24/01/2023). (Foto : Michael Gani)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Menjelang Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Periode 1 Tahun 2023, Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) melaksanakan Pembekalan Umum dan Pembekalan Khusus Bagi Mahasiswa, Selasa (24/01/2023).

KKN ini bakal diikuti sebanyak 1.159 Mahasiswa dari empat Fakultas yang ada di UNCP. Mahasiswa akan disebar di tiga Kabupaten yaitu Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur.

ADVERTISEMENT

Kepala Unit Pengelola KKN UNCP Aryadi Nurfalaq menjelaskan bahwa Tema yang diangkat pada KKN Periode ini adalah membangun Desa Secara Kolaboratif dan Partisipatif.

“Tema umum tersebut dijabarkan dalam beberapa sub tema yaitu desa tanggu bencana, desa pendidikan, desa hijau, desa digital dan desa wisata. Melalui tema ini, kami berharap mahasiswa dapat mengambil peran dalam pembangunan desa untuk mencapai dan mengakselerasi pembangunan yang ada di desa bersama dengan masyarakat agar tercipta masyarakat desa yang unggul, maju dan sejahtera,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Mahasiswa bernama Andi Astuti yang akan mengikuti KKN mengaku telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat KKN. “Saya merasa senang karena mendapat teman dan relasi baru dari fakultas lain yang akan ditempatkan bersama di posko KKN.” katanya

Senada dengan itu mahasiswa KKN Bernama Septri Indriani dari Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris mengatakan bahwa setelah menerima pembekalan KKN ia mendapat gambaran umum tentang persiapan yang akan dilaksanakan di lokasi KKN.

ADVERTISEMENT

“Persiapan yang paling krusial yaitu bagaimana nantinya kita bisa beradaptasi dengan lingkungan desa. Saya sangat excited atau merasa sangat tertarik karena KKN ini merupakan kegiatan paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa karena melalui KKN kita bisa menyalurkan ilmu yang kita dapatkan didunia kampus untuk diaplikasikan langsung di masyarakat, apalagi saya ditempatkan di desa yang cukup terpencil, sehingga saya merasa tertantang untuk meningkatkan pendidikan di desa tempat KKN,” kata Septri.

Rencananya Mahasiswa KKN UNCP akan berangkat menuju Lokasi KKN pada Kamis 26 Januari 2023 yang akan tersebar di 13 kecamatan, tiga kabupaten. (mic)

ADVERTISEMENT