Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan, Berikut Tips Olahraga di Rumah

57
ADVERTISEMENT

KORANSERUYA – Sejak merebaknya wabah virus corona atau Covid-19, prilaku sebagian besar masyarakat mulai mengalami sejumlah perubahan, betapa tidak selama pandemi ini, masyarakat diminta untuk melaksanakan aktifitas di rumah.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Hal tersebut, dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Selain menjalankan aktifitas dari rumah, masyarakat juga diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan tetap menjaga imun tubuh, salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin.

Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) , dr Arie Sutopo SpKO mengatakan jika masyarakat dapat melakukan olahraga di rumah, denga cara berlari hingga berenang.

ADVERTISEMENT

“Di dalam rumah seperti apa contohnya seperti apa orang tuanya. Kalau yang di dalam rumah kalau kita punya fasilitas treadmill, kita punya fasilitas untuk apa kolam renang, kita bisa lakukan bagi yang memahami ya yang udah paham untuk treadmill atau swimming tapi kalau yang diluar rumah begitu juga anak kita bisa jogging dan swimming, anak-anak tuh bisa di lapangan lapangan terbuka,” katanya.

Dia menjelaskan jika masyarakat harus bisa menerapkan pola olahraga di dalam rumah mulai dari lari hingga sekedar loncat-loncat.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

“Saya dokter ahli sudah 70 tahun, saya melihat anak saya cucu saya semua saya beritahuharus bergerak. Saya ajarkan bergerak di dalam rumah yang teratur dosisnya ditentukan itu namanya olahraga yang teratur,” kata dr Arie di YouTube BNPB Indonesia.

Dr Arie juga meneranhkan bagaimana melakukan olahraga yang dilakukan di luar rumah. Masyarakat bisa mengatur intensitas olahraga yang dilakukan.

“Jadi cuman bukan bergerak-bergerak aja itu ya bukan olahraga tapi kalau kita bergerak 30 menit misalnya loncat-loncat, jogging, sepeda atau treadmill kita pakai juga kalau kita tentukan waktunya 30 menit intensitasnya speednya sekian untuk bapaknya untuk anak-anak begini Itu namanya olahraga jadi ada aturannya,” ujarnya.

Namun, jika ingin berolahraga di luar rumah harus ada tiga hal yang tidak boleh dilupakan yaitu 3M yang telah terus di kampanyekan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

“3M itu harus pakai masker setiap waktu cuci tangan yang ketiga physical distancing,” tegasnya. (*/Sya)

ADVERTISEMENT