Tingkatkan Kemampuan Siswa Lewat Praktik

708

PALOPO – SMK Negeri 3 Palopo merupakan salah satu sekolah bidang pelayaran di Kota Palopo. Sebagai sekolah yang bergerak di bidang tersebut, pendidikan secara praktik menjadi fokus para guru dalam meningkatkan kemampuan siswanya.

Hal tersebut guna meningkatkan kompetensi para siswa SMK Negeri 3 Palopo, dengan beberapa mata pelajaran yang basisnya praktik lapangan, dimana para guru mengarahkan siswa secara langsung.

Itu dapat terlihat pada saat para siswa menekuni mata pelajaran mesin atau motor desel.

“Sebelum praktek, tentu para siswa kita bekali dengan teori teori dulu. Namun memang ketika di praktekkan secara langsung, mereka lebih mudah dalam memahami materi, ilmunya lebih meresap,” kata Ayas Akbar Syah Salihi, salah satu guru SMKN 3 Palopo.

Ayas Akbar Syah Salihi yang juga Kepala Bengkel di SMKN 3 Palopo itu mengatakan dalam memberikan pengajaran kepada siswa, sarana dan prasarana sangat dibutuhkan dalam menunjang suksesnya mata pelajaran yang diberikan.

Sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan di Kota Palopo, dirinya mengakui SMKN 3 adalah sekolah yang cukup baik dan sangat layak dengan berbagai fasilitas yang disediakan pihak sekolah.

Saat ditemui para siswa sedang melakukan praktek perawatan cincin pistol yang dibimbing dan diawasi langsung oleh guru. Praktek tersebut merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan alat dan bahan.

“Alhamdulillah seperti yang terlihat kita lagi praktek perawatan cincin pistol, ini adalah salah satu mata pelajaran mesin”, tambahnya.

Dengan segala sarana dan prasarana yang tersedia, dirinya berharap para siswa mampu meningkatkan kompetensi dan kemampuannya. (apl/liq)