Walikota Palopo Diundang Khusus Anies Baswedan Pembukaan Jakarta Internasional Stadium

93
Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (Foto : ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO – Walikota Palopo, HM Judas Amir diundang khusus Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam peresmian Jakarta Internasional Stadium (JIS), Minggu (24/7/2022).

Pemprov DKI Jakarta meresmikan Jakarta International Stadion (JIS) serta menggelar pertandingan persahabatan Persija melawan Chonburi FC sore hari.

ADVERTISEMENT

Jakarta International Stadium (JIS) memiliki sejarah panjang sebelum diresmikan kepada publik pada April 2022. Pembangunan stadion di Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini melewati empat kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta.

Berdasarkan catatan, empat Gubernur DKI Jakarta memiliki peran masing-masing dalam pembangunan JIS. Proyek ini bermula pada 2008 saat Jakarta dipimpin Fauzi Bowo (Foke).

ADVERTISEMENT

Lahan yang kini menjadi JIS dulunya merupakan kawasan Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW) dengan luas total 66,6 hektare. Kawasan itu merupakan aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berasal dari utang penyediaan lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum tujuh perusahaan swasta.

Pemprov DKI pun menggusur bangunan-bangunan liar di kawasan tersebut pada 24 Agustus 2008. Selanjutnya, Pemprov DKI berencana membangun stadion bertaraf internasional di Taman BMW itu.

14 Maret 2019, Anies pun memperkenalkan bahwa stadion yang akan dibangun ini bernama Jakarta International Stadium. Anies mengatakan bahwa gubernur-gubernur pendahulunya memiliki andil dalam pembangunan JIS.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian menugaskan BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk menggarap proyek tersebut. Setelah tiga tahun berjalan, JIS akhirnya rampung pada 2022.

Pada 19 April 2022, Anies menggelar peluncuran awal (soft launching) JIS. Saat itu, Anies mengatakan bahwa JIS merupakan bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar.

“JIS menjadi salah satu dari deretan bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar karena mampu mempersembahkan karya kolosal, karya yang tak hanya setaraf nasional, tapi juga mendunia,” ujar Anies.

Diundangnya Judas Amir dalam peresmian JIS dianggap sebuah penghargaan Anies Baswedan untuk warga Palopo. “Alhamdulillah. JIS ini sungguh megah semoga dengan adanya JIS ini dapat memberikan manfaat bagi warga Jakarta dan Indonesia,” harap Judas Amir. (tim)

ADVERTISEMENT