Walikota Palopo Jadi Irup Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI

310

PALOPO – Walikota Palopo, H.M.Judas Amir memimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. di Lapangan Pancasila, Sabtu (17/8)2019).

Prosesi detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirine, untuk mengenang jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah gugur berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Pembacaan teks proklamasi, dibacakan oleh Wakil ketua DPRD Kota Palopo Hj. Hasriani, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palopo H. Usman.

Kepada seluruh peserta upacara, Walikota Palopo, Judas Amir, membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah. “Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan optimis pada sejumlah program yang akan dijalankan akan berdampak pada peningkatan ekonomi Sulawesi Selatan, termasuk infrastruktur yang nyaman.

Untuk itu telah di rancang 5 Program Nyata yang menjadi fokus pembangunan lima tahun kedepan, yaitu : ( 1) Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan melalui Hilirisasi Komoditas Sulawesi Selatan; (2) Pembangunan Infrastruktur yang Menjangkau Masyarakat Desa Terpencil; (3). Rumah Sakit Regional di 6 Wilayah dan Ambulan Siaga; (4). Birokrasi Anti Korupsi dan Pendidikan Masyarakat Madani; (5). Destinasi Wisata Andalan Berkualitas Internasional.” demikian point penting yang disampaikan Gubernur dalam sambutannya.

Setelah upacara dilanjutkan dengan Ziarah Nasional memperingati Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia digelar di Taman Makam Pahlawan Kota Palopo, Sabtu siang 17 Agustus 2019. Bertindak selaku komandan upacara Letda Cba Palimbanan. Sedangkan inspektur upacara dipimpin oleh Dandim 1403/Sawerigading Letkol Inf M Imasfy, SE., selanjutnya rombongan menuju ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Palopo untuk menghadiri agenda pemberian remisi kepada para Narapidana.

Agenda kunjungan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Palopo adalah, pemberian remisi kepada para Narapidana yang dilaksanakan di Lapas kelas IIA Palopo, dilaksanakan di Aula Lapas Kelas II A Kepala Lapas Kelas II A Indra Sofyan dalam laporannya mengungkapkan bahwa Lapas Kls II A Kota Palopo memiliki kapasitas penghuni 395 orang.

“ Sementara jumlah WBP yang diusulkan Lapas, untuk mendapatkan remisi bagi Narapidana sebanyak 661 orang dan yang terbit Surat Keputusannya sebanyak 507 orang,” ungkap Indra Sofyan.

Untuk 507 Narapidana yang terbit SKnya, ada 14 orang Narapidana yang mendapatkan remisi umum langsung bebas dan 493 orang Narapidana yang menerima remisi umum I dan 154 Orang narapidana yang belum terbit SKnya, lanjut Indra Sofyan.

“ untuk yang belum terbit Sk nya terdiri dari register F 40 0rang, bebas PB 42 orang, bebas CB 43 orang, bebas sebelum remisi 24 orang dan yang saat ini masih dalam proses ada 5 orang,” Jelasnya

Pada kesempatan yang sama, Walikota Palopo, Drs. H.M Judas Amir, MH, sebelum membacakan amanat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sulawesi Selatan, menyampaikan bahwa semua yang terjadi dalam perjalanan hidup manusia memiliki hikmah yang harus senantiasa dijadikan pelajaran.

Turut Hadir sebagai peserta upacara detik-detik proklamasini ini, Wakil Walikota Palopo, Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso. M.Si, Forkopimda Kota Palopo, seluruh pejabat OPD Kota Palopo, Camat, Lurah, Unsur TNI, POLRI, LSM/ Organisasi masyarakat, para Legiun Veteran dan ASN Kota Palopo.(hms)