Wawali Buka Turnamen Catur Percasi Palopo

476

PALOPO — Sebanyak 41 orang pengurus Percasi Kota Palopo resmi dilantik dan dikukuhkan di Gedung Kesenian, Jalan Salak, Sabtu 13 Juli 2019.

Pelantikan pengurus untuk periode 2019-2023 ini dilakukan oleh Ketua Pengurus Provinsi Percasi Sulsel
Prof Dr Wasir Thalib turut disaksikan Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, Kadispora Nuryadi dan Ketua KONI Palopo, Haerul Salim serta pengurus Cabor lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Percasi yang baru dilantik, Steven Hamdani, mengatakan, pengurus yang baru dilantik ini, punya semangat baru untuk memajukan olahraga catur di kota Palopo, kita semua bersaudara, tandas Steven yang juga pengurus Cabor olahraga Futsal itu mengutip sebuah istilah latin, yang berarti kita semua satu.

Sementara itu Ketua KONI Palopo Haerul Salim berharap Cabor Catur juga berkontribusi dalam mendulang prestasi.

“Saya berharap Catur menyumbangkan medali emas di event Porda Sinjai nanti, juga ga event lain seperti Kejurda, saya juga meminta Percasi mengembangkan olahraga asah otak ini di tingkat kecamatan, sehingga lahir grand master baru yang mampu mengharumkan nama Palopo,” ucap Ellunk sapaan akrab Ketua KONI Palopo itu saat memberi sambutan singkat.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Pengurus Provinsi Percasi Sulsel, Prof Dr Wasir Thalib merasa berbahagia dengan dilantiknya Pengurus Percasi Palopo. Ia juga bangga karena catur diketuai oleh anak muda.

“Mengurus catur itu tidak mudah, tetapi dengan dipimpin anak muda, saya yakin olahraga ini akan semakin berkembang karena selain sepakbola yang punya massa (pecinta) yang banyak, catur juga demikian, karena hampir semua orang saat ini bisa main catur,” imbuh professor yang juga Ketua PGRI Sulsel itu.

Di ujung kegiatan, Wakil Walikota Rahmat Masri Bandaso dalam sambutan singkatnya merasa bersyukur karena olahraga catur mulai hidup kembali, di mana setelah pelantikan ada kejuaraan catur Percasi Cup I.

“Saya berharap olahraga catur ini menjadi booming lagi, dan kalau bisa catur dimasukkan ke dalam kurikulum di sekolah sekolah, sehingga menjadi olahraga populer di kalangan pelajar,” ucap RMB.

Usai pelantikan pengurus Percasi Kota Palopo ini, Wakil Walikota secara resmi membuka Kejuaraan Catur Percasi Cup di tempat yang sama, dengan secara simbolis bermain catur bersama Ketua Pengurus Provinsi Percasi Sulsel.

Kejuaraan catur ini diikuti kurang lebih 80 peserta dari dalam dan luar kota Palopo dengan hanya 1 kategori yakni kategori umum. (*)