LUTIM – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus melakukan pembenahan pelayanan publik dengan mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi. Salah satu program pengembangannya dengan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Tangerang yang merupakan pilot project pengembangan smart city di Indonesia.

“Dengan kerjasama ini, kami berharap konsep pengembangan smart city yang dikembangkan Pemkot Tangerang bisa kami adopsi dan terapkan di Kabupaten Luwu Timur,” kata Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler dalam kunjungan kerjanya di Tangerang Live Room Pemkot Tangerang, Senin (07/05/2018).

Menurut Husler, saat ini implementasi pemerintahan berbasis elektronik sangat berpengaruh pada proses dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sehingga pemerintahan berjalan lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Lanjut Husler, salah satu daerah yang sukses mengembangkan konsep smart city adalah Pemkot Tangerang yang berhasil meningkatkan pelayanan publiknya berbasis elektronik dan telah menjadi pilot project pengembangan smart city di Indonesia.

“Oleh karena itu, melalui kerjasama ini, kami berharap dukungan dan pendampingan tim dari Pemkot Tangerang dalam upaya penerapan smart city di lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur,” tambah Husler.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Dadi Budaeri mengaku pihaknya siap memberikan pendampingan agar Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bisa segera menerapkan konsep smart city di daerahnya.

“Saat ini, tercatat sudah 172 aplikasi yang di kembangkan Pemkot Tangerang. Dan pengembangan berbagai aplikasi saat ini untuk mendukung pelayanan masyarakat agar cepat dan tepat,” kata Dadi.

Saat berlangsungnya Kunker ini dilakukan serah terima MOU yang dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Kepala Dinas Kominfo Luwu Timur, Andi Murphy dan Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Dr. H. Tabrani, M.Pd.

Perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU yang sebelumnya dilakukan Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler dengan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah terkait kerjasama smart city.

Turut mendampingi Bupati, Wakil Ketua DPRD, HM Siddiq BM dan sejumlah Kepala OPD Terkait di Lingkungan Pemkab Luwu Timur. Selain Pemkab Luwu Timur Kunker ke Pemkot Tangerang juga bersamaan dengan kunker Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. (hms/liq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × four =