Longsor di Tana Toraja, 3 Warga Luka-Luka Tertimbun Longsor dalam Rumahnya

589

TORAJA–Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Utara Sulawesi Selatan menyebabkan bencana alam dimana-mana. Di Tana Toraja, misalnya, longsor terjadi di Desa Lembang Sasak, Kecamatan Bittuang.

BACA JUGA: Begal Payudara, Perawat Ini Luka-Luka karena Melawan Saat Tubuhnya Digerayangi Pelaku di Atas Motor

Longsor ini menimbun sebuah rumah milik warga di Bittuang. Pemilik rumah bersama dua anggota keluarganya ikut tertimbun longsor.

Untung saja, warga bersama aparat TNI berhasil mengevakuasi ketiga korban hingga selamat. Namun ketiga korban menderita luka-luka dan dirawat di rumah sakit.

BACA JUGA: 7 Mahasiswa Asal Toraja Segera Dipulangkan dari China, Virus Corona Kian Mewabah

Tiga korban yakni Reski (33), Nober (26) dan Given (15).

Rumah yang tertimbun longsor ini berada di bawah tebing. Hujan lebat, ketiganya tidak menyangka tebing itu akan longsor. Mereka baru sadar ketika material longsor menghantam dapur.

BACA JUGA: Pemerintah Gagas Sistem Baru Penerimaan CPNS, Kabarnya September Dibuka Lagi

Kepala Seksi Humas Polres Tana Toraja Aiptu Erwin mengatakan tiga warga Bittuang yang sempat terkena material longsoran merupakan satu keluarga.

“Ketiganya mengalami luka robek di bagian kepalanya, sebelumnya sempat dievakuasi ke Puskesmas Bittuang, kini dalam perawatan tim medis RSUD Lakipadada,” ujar Erwin saat dimintai konfirmasi, Jumat (31/1/2020).

Erwin menyebutkan, peristiwa tanah longsor terjadi pada Kamis (30/1) malam. Guyuran hujan deras mengakibatkan kondisi tanah menjadi labil di daerah perbukitan Dusun Marura yang kemudian menimpa rumah warga.

Usai terjadi longsor, anggota Polsek Saluputti, yang dipimpin Kapolsek AKP Martinus Pararuk, bersama anggota Koramil Saluputti membantu proses evakuasi korban longsor di rumah warga Dusun Marura, Benyamin Bonggakarua.

Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono dan Dandim 1414/Tana Toraja Letkol CZI Zainal Arifin, sempat meninjau lokasi longsor dan membesuk para korban yang dirawat di RSUD Lakipadada. Saat ini petugas penanggulangan bencana masih berjaga-jaga di sekitar lokasi longsoran. (Tari)