OTOMOTIF: Honda HR-V 2021 Resmi Meluncur, Lebih Keren dan Mewah

384
HONDA akhirnya resmi meluncurkan Honda HR-V 2021. Honda HR-V generasi terbaru ini diperkenalkan pertama kali secara global sebelum dirilis ke pasar pada April 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT

HONDA akhirnya resmi meluncurkan Honda HR-V 2021. Honda HR-V generasi terbaru ini diperkenalkan pertama kali secara global sebelum dirilis ke pasar pada April 2021 mendatang. Honda HR-V yang punya nama lain Honda Vezel di beberapa negara ini melakoni debut global secara online. Tampilan eksterior dan interiornya berubah total.

Sebagai full model change, Honda HR-V terbaru ini hadir dengan kesan dinamis sebuah SUV. “Kami menggambarkan desain yang cocok untuk konsumen yang memperkuat suasana,” tulis Honda Jepang dalam siaran pers, Kamis (18/2/2021), dilansir KORAN SERUYA dari detik.com.

ADVERTISEMENT

Secara keseluruhan, Honda HR-V terbaru menghadirkan konsep “Sleek & Long Cabin” sebagai penyegaran di semua titik sambil menekankan proporsi seperti sebuah coupe.

Dari bagian depan, tampang Honda HR-V lebih segar dengan grille baru horizontal ditambah grille honeycomb di bagian bawah. Garis di grille bagian atas mengalir sampai lampu utama di kiri dan kanan. Lampu depan Honda HR-V ini pun tampil lebih keren.

ADVERTISEMENT

Beralih ke bagian samping, garis desain Honda HR-V tampak lebih mewah. Tarikan garis dari kap mesin mengalir melewati handle pintu sampai ke lampu belakang. Kesan kekar ala mobil-mobil SUV juga digambarkan dengan over fender yang tegas, begitu juga skirt yang tebal menambah kesan gagah pada Honda HR-V.

Di bagian belakang, tampilannya pun lebih keren daripada pendahulunya. Lampu belakang mengalir secara horizontal yang dipisahkan dengan logo Honda. Garis atapnya pun mengalir seperti sebuah mobil coupe.

Beralih ke interior, Honda mengedepankan bentuk solid dan kokoh sehingga mengekspresikan kekuatan SUV. Honda HR-V terbaru ini juga diberi lapisan lembut yang tampak lebih mewah.

“Kami telah menambahkan panoramic roof yang memungkinkan cahaya nyaman masuk ke dalam ruangan dan saluran keluar AC yang memberikan angin sepoi-sepoi yang nyaman sebagai nilai baru untuk VEZEL (HR-V) baru,” tulis Honda.

Kisi-kisi AC di sisi penumpang depan memanjang dari kiri ke kanan. Tampaknya Honda ingin membuat penumpangnya nyaman dengan desain seperti ini.

Garis batas yang jelas antara dasbor, ventilasi AC, dan glovebox serta konsol tengah memberikan tampilan dan nuansa yang lebih teratur pada interior Honda HR-V terbaru ini. Selain itu, Honda mengganti sistem hiburan di dasbor dengan layar “mengambang” di bagian tengah dasbor. Sistem itu dilengkapi dengan Honda CONNECT.

Soal Honda CONNECT, ada berbagai fungsi yang bisa dimanfaatkan konsumen. Fungsi pertama, Honda HR-V ini dilengkapi dengan layanan update peta otomatis. Selain itu, ada “Honda Digital Key” yang menggunakan smartphone sebagai kuncinya, “Honda App Center” yang menyediakan berbagai aplikasi yang memperluas kenikmatan dan kenyamanan dalam mobil, dan “Honda App Center” dengan komunikasi data dan sambungan internet. Honda HR-V dilengkapi banyak fungsi, dan untuk pertama kali di produk massal Honda, mobil ini punya Wi-Fi di dalam mobil.

Bicara soal mesin, Honda HR-V dilengkapi dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC dengan transmisi CVT. Honda membekali HR-V terbaru ini dengan sistem hybrid e-HEV dengan sistem hybrid dua motor. Dengan teknologi hybrid ini, penggunanya akan menikmati akselerasi linier dan nyaman. Pengendara juga bisa memilih tiga mode berkendara, antara lain Normal, Sport, dan ECON.

Honda juga melengkapi dengan pilihan penggerak 4WDng punya real-time AWD. Sistem itu memungkinkan berkendara dengan stabil bahkan dalam cuaca buruk dan di saljul.

Honda HR-V kini lebih aman dengan fitur Honda Sensing. Menggunakan kamera depan dengan sudut pandang lebar dan chip pemrosesan gambar berkecepatan tinggi, sistem Honda Sensing di Honda HR-V telah dikembangkan lebih jauh.

Di dalamnya terdapat fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang berevolusi dengan menyertakan fungsi pelacakan kemacetan. Selain itu, ada sistem collision mitigation braking (CMBS), off-road deviation suppression function, sign recognition function, serta lane keeping support system (LKAS). Ada pula tiga fungsi baru, antara lain rear false-start suppression function, short-range collision mitigation brake, dan auto high beam.

Honda belum merilis harga resmi HR-V terbaru ini. Tapi, Honda HR-V atau Vezel terbaru ini akan meluncur ke pasaran mulai April 2021 mendatang. (*)

ADVERTISEMENT