PALOPO – Pagi menunjukkan pukul 07.15 wita. Siswa SDN 53 Sawerigading bersiap untuk menerima pelajaran yang diberikan guru.

Di sebuah ruangan seorang wanita tampak sibuk dengan aktivitasnya. Dengan telaten dia memeriksa setiap laporan yang ada di mejanya. Tak pernah keluh apa lagi kesah demi kebaikan sekolah yang dia pimpin.

Dia adalah Hasnah HP. Kepala Sekolah SDN 53 Sawerigading. Sudah lima tahun perempuan kelahiran tahun 1965 itu memimpin salah satu SD unggulan di Kota Palopo itu. Sifatnya yang bersahaja dan keibuan membuatnya disayangi sekaligus disegani siswa maupun guru.

Hasnah memulai pendidikan dasarnya di SD Labucae di Belopa. Setelah tamat ia melanjutkan di Madrasah Tsanawiyah Palopo. Ilmu keguruaan dia dapat saat melanjutkan pendidikannya di SPG Negeri Palopo. Untuk memperdalam ilmu mengajarnya, Hasnah melanjutkan S1 di UNCP Palopo dan S2 di UNM Makassar.

Dulu, Istri Alimuddin ini bercita-cita menjadi dosen. Namun, tuhan puya kehendak lain. Hasnah kemudian menjadi guru. Banyak pengalaman yang didapatkan sewaktu masih aktif mengajar. Semua ilmu itu kemudian dia aplikasikan saat memimpin SDN 53 Sawerigading.

“Pengalaman yang paling berkesan, adalah saat mengikuti seleksi Kepala Sekolah berprestasi Tingkat Provinsi. Sebelum tes tertulis, karya tulis ilmiah saya harus dinilai. Selain itu saya juga harus mempresentasekan karya tulis ilmiah itu di depan penguji. Sungguh pengalaman yang tak bisa saya lupakan,” jelas ibu tiga anak itu.

Kini, cita-citanya hanya satu. Dia ingin melanjutkan visi dan misi dari SDN 53 Sawerigading. “Menjadikan sekolah unggulan yang berkualitas berdasarkan Pancasila, Agama budaya dengan berwawasan lingkungan dan berwawasan teknologi informasi,” pungkasnya. (ren/liq)