Menjaga Kontinuitas Listrik Kabupaten Luwu,PLN ULP Belopa rutin melakukan Pemeliharaan Kabel dan SUTM 

27
Petugas PLN ULP Belopa saat melakukan pemeliharaan kabel saluran udara tegangan menengah(SUTM)
ADVERTISEMENT

BELOPA–Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kegiatan, dari yang sederhana hingga yang kompleks, bergantung pada pasokan listrik yang stabil.

Kabupaten Luwu, dengan populasi yang terus bertambah dan perkembangan infrastruktur yang pesat, menjadi area yang sangat membutuhkan pasokan listrik yang andal.

ADVERTISEMENT

Untuk memastikan hal itu, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Belopa memainkan peran penting dalam menjaga kontinuitas listrik melalui kegiatan pemeliharaan secara berkala dan efektif.

Manajer PLN ULP Belopa Dwiyanto menyebutkan salah satu upaya yang dilakukan PLN ULP Belopa demi memastikan pasokan listrik tetap terjaga  yakni dengan melakukan penggantian dan pemeliharaan penghantar atau Kabel  saluran udara tegangan menengah(SUTM) .

ADVERTISEMENT

“Kami terus berupaya untuk menjaga dan memastikan pasokan listrik di Kabupaten Luwu dapat terjaga dengan baik ,yakni dengan pemeliharaan dan penggantian kabel SUTM secara rutin “ujar Dwiyanto.

Ditambahkan Dwiyanto ,adapun Pemeliharaan dan Penggantian kabel yang dilakukan oleh pihak PLN ULP Belopa dengan tujuan untuk mencegah kerusakan dan kegagalan SUTM . Dimana PLN ULP Belopa secara rutin melakukan Pemeliharaan preventif pada rekonduktor SUTM untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius atau kegagalan fungsi. Melalui pemeriksaan rutin dan perawatan berkala ini, teknisi dapat mengidentifikasi potensi masalah dan mengambil langkah-langkah perbaikan sebelum situasi menjadi lebih buruk.

Selain itu PLN Belopa juga berupaya untuk memperpanjang umur pakai Rekonduktor dengan melakukan pemeliharaan yang baik pada rekonduktor SUTM ,yaitu dengan menjaga kondisi fisik dan operasionalnya .Hal ini dilakukan PLN agar rekonduktor ini dapat terus berfungsi dengan optimal dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sementara itu demi menjaga keamanan dan kestabilan jaringan,pihak PLN Belopa juga melakukan perawatan yang baik pada Rekonduktor SUTM untuk membantu menjaga keamanan dan kestabilan jaringan distribusi listrik.Dimana Kerusakan pada rekonduktor dapat menyebabkan gangguan , tidak hanya terhadap pasokan listrik, tetapi juga berpotensi membahayakan keselamatan masyarakat dan properti.

Selain itu untuk Meningkatkan Efisiensi Energi,pihak PLN Belopa juga memastikan bahwa rekonduktor SUTM beroperasi secara optimal dengan mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi kerugian energi dalam proses distribusi. Hal ini berkontribusi pada efisiensi energi secara keseluruhan dan membantu mengurangi dampak lingkungan dari penggunaan listrik.(rls/jun)

ADVERTISEMENT