96 Pejabat Luwu Utara Ikut Bimtek Penyusunan Kompetensi Jabatan

232
ADVERTISEMENT

LUTRA – Sebanyak 96 pejabat yang menangani kepegawaian atau pejabat yang kompeten di masing-masing Perangkat Daerah, Kecamatan, dan Kelurahan Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) ASN, Senin (5/8/2019), di Hotel Jolin Makassar. Bimtek berlangsung selama 3 hari, 5-7 Agustus 2019.

Bimtek yang dilaksanakan Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Sekretariat Daerah ini dibuka Asisten Administrasi Umum, Eka Rusli, dengan tujuan untuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Hadir sebagai Narasumber, Kabid Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur KemenPAN-RB, Supardiyana

ADVERTISEMENT

“Selaku ASN kiranya wajib untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kompetensi, karena ASN hadir dengan tugas memberikan pelayanan yang profesional, jujur, dan adil atau yang lebih dikenal dengan istilah ASN yang berintegritas dalam penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan daerah, bangsa dan negara,” kata Eka.

Masih Eka, dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS disebutkan pengembangan karir, kompetensi, mutasi dan promosi adalah manajemen karir ang dilakukan melalui sistem merit.

ADVERTISEMENT

“SKJ memberi nilai output sebagai persyaratan penyusunan pola karir ASN, objektivitas, keadilan dan transparansi pengangkatan ASN dalam jabatan,” ujarnya.

Sementara Kabag Organisasi, Muhammad Hadi, mengatakan, kompetensi jabatan ASN itu meliputi kompetensi manajerial dan sosial kultural yang tercantum dalam PermenPAN-RB Nomor 38 Tahun 2017.

“Kompetensi meliputi integritas, kerjasama, pelayanan publik, komunikasi, pengembangan diri dan orang lain, pengelolaan perubahan, dan kompetensi pengambilan keputusan,” pungkasnya. (lh/liq)

ADVERTISEMENT