Di Hadapan 491 Wisudawan, Rektor IAIN Palopo Kutip Kalimat Sakti Prof Rhenald Kasali, Berubah atau Punah!

569
ADVERTISEMENT

PALOPO–Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol M.Ag menyampaikan bahwa wisuda bukanlah bagian akhir, melainkan tahap berpindah ke tahap selanjutnya.

Hal itu ia sampaikan saat acara wisuda periode I tahun 2021 di gedung auditorium Phinisi IAIN Palopo, Rabu, 2 Juni 2021.

ADVERTISEMENT

Dalam sambutannya, Pirol menekankan bahwa wisudawan saat ini menjumpai era dimana perubahan adalah satu keniscayaan atau hal semestinya.

“Ini adalah perpindahan abadi yang menentukan masa depan. Berubah atau punah,” ujar Pirol mengutip kalimat sakti Prof Rhenald Kasali dalam bukunya yang terkenal: Disruption.

ADVERTISEMENT

“Tidak ada pilihan kecuali kemampuan adaptif dengan zaman, menjadikam diri tetap relevan dengan perkembangan teknologi yang sedang dan yang akan terjadi,” sambungnya.

Senada dengan itu, dalam kesempatan yang sama, Prof, Dr. Mansyur Ramly SE, M.Si dalam orasi ilmiahnya menyampaikan perlunya sarjana menempa diri agar menjadi ahli yang berkelas internasional.

“Untuk IAIN Palopo, sumber daya manusianya atau sarjananya harus menjadi ahli berkelas internasional agar bisa bersaing di zaman ini,” ujarnya.

Tak hanya untuk wisudawan, mantan Rektor UMI itu juga menekankan pentingnya para dosen dan segenap tenaga kependidikan meningkatkan kapasitas akademik terus menerus.

“Tenaga pendidik juga harus merubah paradigma, apakah dosen sudah mengecek baik-baik apakah ilmu yang diajarkan kepada mahasiswa sudah benar-benar diverifikasi bahwa itu adalah informasi ilmiah,” imbuhnya.

“Dan tidak ada keberhasilan jika sendirian, zaman ini menuntut kita harus kolaborasi dengan berbagai pihak,” sambungnya.

Diketahui tema wisuda kali ini adalah, “Refocusing dan Strategi Pengembangan Perguruan Tinggi Islam di Era Disrupsi dalam Tatanan Kehidupan Baru (New Normal Life)”.

Dengan protokol kesehatan yang ketat, wisuda kali ini diikuti 491 peserta yang berlangsung selama 2 hari, yaitu Rabu-Kamis, 02-03 Juni 2021 dengan 4 sesi.

Sesi pertama berlangsung pukul 08.00 – 11.30 Wita dan sesi kedua pada pukul 13.00 – 16.00 Wita.

(jun)

ADVERTISEMENT