Keindahan Rinding Allo Luwu Utara, Negeri Berselimut Kabut di Aplikasi Desa Wisata Nusantara

247
Desa Rinding Allo di Aplikasi Desa Wisata Nusantara. (ist)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Kabupaten Luwu Utara dikenal memiliki panorama alam yang begitu indah. Daratan, lautan dan pegunungan adalah bentuk-bentuk muka bumi yang terbentang begitu menakjubkan di sepanjang wilayah Kabupaten Luwu Utara. Berkah alam yang begitu indah ini menjadikan Luwu Utara memiliki beberapa destinasi wisata yang begitu memesona. Salah satunya adalah Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong.

Rinding Allo adalah salah satu desa yang berada di wilayah pegunungan. Desa ini berjarak 60 km dari ibu kota Kabupaten Luwu Utara, Masamba, dengan jarak tempuh 2 – 3 jam melalui perjalanan darat. Desa ini juga memiliki beragam daya tarik wisata, mulai wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. Bahkan disebut-sebut berpotensi menjadi wisata kelas dunia. Tak mustahil, karena Rinding Allo menawarkan keindahan eksotik memanjakan mata.

ADVERTISEMENT

Rinding Allo adalah destinasi wisata yang komplit dengan panorama indah memesona, dibalut udara sejuk dan air terjun yang eksotis. Jika ingin menikmati sunrise dan sunset pegunungan bersama keluarga, kolega dan teman-teman, maka Rinding Allo adalah pilihan terindah. Saat sore menghampiri, dan matahari mulai turun ke peraduan, kabut akan datang menyapa dengan sensasi udara dingin menusuk hingga matahari kembali datang memberi kehangatan.

Atmosfer dan sensasi Rinding Allo akan menjadi cerita indah bagi para pelancong dan pencinta travelling. Decak kagum adalah respon yang semestinya harus ditularkan untuk memancing penikmat keindahan datang berkunjung ke Rinding Allo. Daya tarik lain Rinding Allo adalah adanya wisata buatan yang menyajikan konten kreatif yang dipadukan dengan wisata agro dengan menawarkan atraksi bercocok tanam, mulai cara tanam hingga panen.

ADVERTISEMENT

Komoditas sayuran dan buah-buahan dataran tinggi ini menjadi sensasi tersendiri karena hasil bumi yang segar ini dapat dibeli sebagai oleh-oleh. Ada cabe, tomat, alvokad, strowbery dan tanaman hortikultura lainnya. Ada wisata buatan, ada pula wisata budaya. Khusus wisata budaya, Rinding Allo juga menyajikan proses pembuatan Tenun Rongkong, salah satu identitas kejayaan Kerajaan Luwu di masa lampau, yang dibuat di hamparan sawah terasering.

Segala keindahan Rinding Allo yang dideskripsikan secara singkat ini berbuah manis. Rinding Allo terpilih mewakili Kabupaten Luwu Utara pada ajang Lomba Desa Wisata Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang lombanya digelar via aplikasi Desa Wisata Nusantara. Nah, jika Anda, para warganet, ingin mengakses informasi dan melihat keindahan Rinding Allo, maka silakan masuk ke dalam aplikasi Desa Wisata Nusantara, temukan Desa Rinding Allo, dan silakan like/love dan share sebanyak-banyaknya kepada teman dunia maya alias warganet.

Untuk diketahui, Aplikasi Desa Wisata Nusantara yang dikelola Kemendes PDTT ini bisa diakses secara gratis oleh para pengguna atau warganet dengan hanya mengunduhnya di playstore. Keberhasilan Desa Rinding Allo di ajang berhadiah total Rp 1 Miliar ini ada di jari-jari warganet. Silakan unduh aplikasinya, kemudian buka aplikasinya, serta cari dan temukan informasi Desa Rinding Allo melalui aplikasi tersebut. Jangan lupa beri masukan positif untuk pengembangan Desa Rinding Allo, sehingga bisa menjadi desa wisata nasional, bahkan dunia. (rls)

ADVERTISEMENT